Helmi Dukung Kreativitas/Inovasi Warga Binaan Lapas Garut

0
20 views
Wabup Helmi Budiman Mengapresiasi bahkan Mendukung Kreativitas/Inovasi Warga Binaan Lapas Garut.
Upacara Bendera Puncak Peringatan ke-74 Kemerdekaan RI, di Kabupaten Garut.

“Lebihi Kapasitas, Didominasi Narapidana Narkoba”

Garut News ( Sabtu, 17/08 – 2019 ).

Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman mengapresiasi positip bahkan mendukung ragam kreativitas, dan inovasi dari barang bekas menjadi bernilai ekonomi yang diproduk warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Garut.

“Lantaran sebagai bekal yang bisa mereka tumbuh kembangkan ketika kembali berada di lingkungan masyarakatnya,” imbuhnya seusai menyaksikan pemberian remisi bagi ratusan narapidana Lapas tersebut, Sabtu (17/08-2019).

Berlangsung Khidmat.

Dikemukakan, setiap seluruh warga binaan pun hendaknya senantiasa berupaya maksimal meningkatkan penguatan kualitas sumber daya yang dimiliki, agar dapat berperanserta aktif mengisi kemerdekaan sesuai kapasitasnya masing-masing.

Selain itu memiliki komitment dan konsistensi yang kuat, tak lagi melakukan perbuatan kriminal, termasuk tak melakukan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta meninggalkan beragam tindak pidana kriminalitas.

Bupati Garut Menyerahkan SK Remisi antara lain Kepada Narapidana yang Langsung Bebas.

Diingatkan pula menuju ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ ini, juga hendaknya bisa dimaknai oleh seluruh elemen dan komponen masyarakat, termasuk warga binaan pemasyarakatan di Lapas kabupaten setempat, tandas Helmi Budiman.

“Tingkatkanlah penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan maupun keakhlian secara terencana, terukur, serta berkesinambungan sesuai kapasitas dimiliki dengan tetap senantiasa bertaqwa kepada Tuhan YME,” imbuhnya pula ketika didesak pertanyaan Garut News.

“Lebihi Kapasitas Didominasi Narapidana Narkoba”

Warga Kadungora Garut Semarak Meriahkan HUT ke-74 RI.

Kepala Lapas Kelas IIB Garut, Ramdani Boy katakan kapasitas huniannya 529 orang yang pada 17 Agustus 2019 dihuni 945 warga binaan, mereka terdiri 511 narapidana narkoba, serta 434 narapidana umum.

Kepada Garut News, Ramdani Boy mengakui banyaknya narapidana narkoba menjadi beban tersendiri, namun keberhasilan pembinaannya juga tergantung peranserta petugas, narapidana itu sendiri, serta masyarakat termasuk kalangan Pers.

Warga Kecamatan Pangatikan Memanfaatkan Semburan Air Pengeboran Seusai Meriahkan HUT RI.

Dikemukakan pada momentum peringatan ke-74 Prokmalasi Kemerdekaan RI, ada 608 narapidana mendapatkan pengurangan hukuman sebagian (RU-I), serta 23 narapidana mendapat pengurangan seluruhnya maupun berakibat bebas (RU-II).

Sedangkan di ‘Rumah Tahanan’ (Rutan) Garut, terdapat delapan narapidana yang mendapatkan remisi, juga delapan narapidana dinyatakan bebas.

“73 persen seluruh warga binaannya, merupakan penduduk Kabupaten Garut,” kata¬†Ramdani Boy

“Dinamika Semangat Peringatan Kemerdekaan RI”

Pesepeda Onthel Juga Semarakan Peringatan Kemerdekaan RI.

Tim liputan Garut News, juga memotret dinamika semangat masyarakat memeringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Mereka umumnya berswadaya menggelar ragam kegiatan dengan pengembangan kreativitas di lingkungannya masing-masing pada setiap seluruh 42 wilayah kecamatan Kabupaten Garut.

Antusias Saksikan Upacara Bendera Puncak HUT RI, di Alun Alun Garut.

Demikian foto berita Garut News akhir pekan ini, Sabtu (17/08-2019).

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here