Wabup Garut Instruksikan Institusi Teknis Selenggarakan FS

0
15 views
Wakil Bupati Garut.
Potensi Sumber Air Garut.

“Lantaran Ditemukannya Potensi Sumber Air”

Garut News (Rabu, 22/01 – 2020 ).

Keberkahan ditemukannya potensi sumber air pada rangkaian kunjungan kerja ke beberapa kecamatan dan desa, maka Wakil Bupati Garut dr H. Helmi Budiman menginstruksikan Dinas ‘Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” (PUPR) kabupaten setempat segera menyelenggarakan ‘Feasibility Study’ (FS).

Guna bisa mengetahui nilai kelayakan implementasinya, dengan beragam aspek yang dianalisa di antaranya ‘social benefit’ berupa manfaat yang bisa diperoleh masyarakat, juga beberapa faktor memengaruhi intensitas, FS yakni jumlah dana diinvestasikan.

Contoh Soal Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman Memungut Sampah.

“Sehingga dapat diimplementasikan,” imbuh Wabup Helmi Budiman kepada Garut News ketika berkunjung pada Dinas PUPR Kabupaten Garut, Rabu (22/01-2020).

Dikemukakan, di wilayah Kecamatan Cibatu ditemukan potensi sumber air anak Sungai Cimanuk yang melintasi Leuwigoong diprediksi bisa memenuhi kebutuhan lahan pertanian di lima desa.

Prosfektifnya sumber air baru, juga ditemukan di wilayah Kecamatan Banjarwangi yang dapat mengairi areal pertanian pada beberapa desa, demikian pula di wilayah Kecamatan Peundeuy terdapat potensi sumber air guna mengairi 15 hektare.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Cisewu, bakal diupayakan dana bersumber APBD Perubahan 2020 untuk membangun lintasan Jalan Karangsewu sepanjang 15 kilometer.

“Waspadai Intensitas Perubahan Cuaca”

Helmi Budiman mengingatkan pula, kerap terjadinya intensitas perubahan cuaca agar disikapi dengan beragam upaya kewaspadaan masyarakatnya.

Antara lain senantiasa menjaga kondisi kesehatan di musim penghujan, agar terhindar dari serangan penyakit diare sehingga dianjurkan mengonsumsi makanan/minuman yang bersih, sehat maupun ‘higiene’, serta gemar berolahraga.

Memelihara lingkungan sehat sekitar rumah supaya terhindar berjangkitnya DBD, sebab di musim penghujan acap terjadi genangan air termasuk pada kaleng bekas, dan bambu.

Kemudian bergotong-royong membersihkan tumpukan sampah pada saluran air, jangan membuang sampah di sembarang tempat, dan jangan pula membuang sampah ke sungai maupun selokan, hendaknya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kembali diingatkan, perlu kewaspadaan bahaya tanah longsor dan banjir terutama penduduk di perbukitan, buatlah biopori, sumur-sumur resapan guna menghindari banjir, dan sekaligus di musim kemarau bisa terpenuhinya kebutuhan air.

Wakil Bupati Garut pun mengaku sangat tercengang dengan ditemukannya puluhan pohon ganja di lereng Gunungapi Guntur, sehingga sangat diharapkan pihak BKSDA dan Perum Perhutani lebih pro aktif menyelenggarakan pengawasan kawasan/sekitar hutan.

Mengenai banyaknya penduduk terinfeksi HIV/AIDS akibat ‘Laki Seks Laki’ (LSL),  upaya penanganannya perlu diawali dari pola asuh yang baik pada lingkungan keluarga masing-masing, juga meningkatkan kualitas pelaksanaan tuntunan agama.

Sedangkan masih adanya dana alokasi APBD 2020 yang tak terserap, ada beberapa kegiatan yang berlanjut pada tahun ini. Namun juga diinstruksikan ke depan proses pelelangan dan realisasi pembangunannya bisa mencukupi waktu selama setahun.

Pada bagian lain keterangannya, dikemukakan adanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di antaranya penyebab kematian ibu saat melahirkan mengalami penurunan yang penyebabnya pun tak lagi dominan kekurangan darah, melainkan lantaran tekanan darah tinggi.

“Kekurangan darah menjadi penyebab urutan ketiga, lantaran selama ini didukung ketersediaan darah yang dikelola PMI Kabupaten Garut,” ungkap Wabup Helmi Budiman.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here