Wabup Garut Ingatkan Pentingnya Keterpaduan Penerapan Inovasi

0
7 views
Wabup Beserta Istri Menyempatkan Menyantuni Murid Berprestasi yang Disabilitas, Pada Expo Inovasi Kabupaten Garut 2019.
Sekda Garut, menutup rangkaian helatan berlangsung dua hari, yang diharapkan ke depan biayanya bisa bersumber APBD.

“Si Dogar, Satu Di antara 115 Inovasi Garut”

Garut News ( Selasa, 26/11 – 2019 ).

Wakil Bupati Garut dr H. Helmi Budiman mengingatkan seluruh institusi maupun kelembagaan di kabupatennya, mengenai pentingnya keterpaduan dalam penerapan ragam inovasi yang digulirkannya.

Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang RI Nomor. 19/2002, inovasi itu suatu kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yang dilakukan untuk pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

Rizki Darajat (kanan) Detail Presentasikan Produk Inovatif Si Dogar Kepada Camat Selaawi, Ridwan Efendi.

Sehingga ungkap Helmi Budiman, keterpaduan menerapkan ragam produk inovasi tersebut, sejalan pula dengan tujuan inovasi yang meliputi meningkatkan Kualitas.

“Kemudian mengurangi biaya, menciptakan pasar baru, memerluas jangkauan produk, mengganti produk/ layanan, serta mengurangi konsumsi energi,” imbuhnya menjawab pertanyaan  Garut News, pada Expo Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Garut 2019.

Informasi, dan Komunikasi Indonesia Bersama Si Dogar.

Ungkapan dan harapan Wakil Bupati ini, juga senada yang dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten setempat, Ir H. Deni Suherlan, M.Si, Selasa (26/11-2019) sore, ketika menutup rangkaian helatan berlangsung dua hari itu, yang diharapkan ke depan biayanya bisa bersumber APBD.

Sekda pun antara lain mengingatkan, diperlukannya kolaborasi penerapan ragam produk inovasi tersebut, dengan melibatkan peranan ‘Dinas Informasi dan Komunikasi’ (Diskominfo) Kabupaten Garut.

“Juga yang paling penting, aplikasikan maupun implementasikan ragam produk 115 inovasi ditampilkan 83 anjungan Expo Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Garut 2019, berpeserta 69 SKPD/lembaga lainnya,” imbuh Deni Suherlan pula.

Menggagas Apik Inovasi Si Dogar.

“Si Dogar, Satu Di antara 115 Inovasi Garut”

Diskominfo Kabupaten Garut pada rangkaian helatan ini, berhasil masif menyosialisasikan “Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut” (Si Dogar) kepada setiap pengunjung termasuk aparat SKPD, BUMD di lingkungan Pemkab/Setda setempat.

Produk inovasi Si Dogar ini pun, di Provinsi Jawa Barat merupakan pertama kali terdapat suatu Website khusus untuk “Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi” (PPID), sehingga dengan sistem tersebut dipastikan bisa  memberikan jasa pelayanan informasi, dan dokumentasi secara cepat, tepat, murah, bahkan akuntabel.

Camat Karangtengah, Hj. Eti Nurul Hayati, Gerakan Produk Inovasi Sampah Menjadi Berkah.

Merupakan suatu terobosan inovasi PPID di bidang  PPID, sebagai salah satu implementasi amanat Undang – Undang RI No. 14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sehingga terdapatnya sistem tersebut, dipastikan pula sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, dan dokumentasi dari Badan Publik di Kabupaten Garut.

Di antaranya mengenai bagaimana kita bisa mendapatkan informasi Pembuatan “Kartu Tanda Penduduk” (KTP), kemudian proses pengurusan perizinan dan lainnya.

Perwakilan Lembaga Administrasi Negara RI, Mengapresiasi Positip Ragam Produk Inovasi Garut 2019.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Kehumasan pada Diskominfo Kabupaten Garut, Rizki Darajat selaku penggagas juga inovator Si Dogar mengemukakan, sistem informasi PPID di kabupatennya, sebenarnya selama ini berjalan lama melalui website Garutkab.go.id.

Namun hanya sebagai bagian maupun sub domain saja, maka dengan Si Dogar ini, kita lebih khusus di PPID itu satu website sendiri, sehingga menjadi lebih cepat di akses oleh masyarakat, serta  lebih lengkap.

Anjungan Dinas Sosial pada Expo Inovasi 2019.

“Karena itu, manfaatnya masyarakat bisa lebih mudah  dan cepat mendapatkan informasi,” ungkap Rizki Darajat.

Bahkan Bupati Garut Rudy Gunawan pun sangat mengapresiasi positip pada inovasi Si Dogar rancangan inovasi yang dikemas apik pegawai Pemkab setempat.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here