Volume/Nilai Ekspor Bulu Mata Palsu Garut Tak Diketahui

0
53 views
Memproduk Bulu Mata Palsu di Rumah Sambil Mengasuh Anaki.

Garut News ( Sabtu, 21/04 – 2018 ).

Memproduk Bulu Mata Palsu di Rumah Sambil Mengasuh Anaki.

Foto berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu (21/04-2018), menampilkan salah satu proses produksi bulu mata palsu di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ternyata tak hanya berlangsung di pabriknya. Melainkan juga bisa digarap kalangan ibu rumah tangga.

Kalangan ibu rumah tangga tersebut, kerap mendapatkan orderan pengerjaan komoditi ekspor bernilai ekonomi tinggi itu, sehingga mereka bisa menggarapnya sambil mengasuh anak di rumah masing-masing.

Diperlukan Sangat Tingginya Ketelitian.

Bahkan di pabriknya pun, dikerjakan karyawan yang sebagian besar kaum perempuan berusia remaja dan baya, berlokasi di kawasan Nusa Indah serta Jl. A. Yani tepatnya dekat Bundaran Suci, selama ini mata dagangan ini antara lain di ekspor ke Eropa termasuk USA.

Namun salah satu produk ekspor asal Kabupaten Garut tersebut, sejak beberapa tahun terakhir malahan selama ini pula, tak diketahui volume serta nilai ekspornya.

Bisa Menambah Penghasilan Keluarga.

Lantaran sangat sulitnya diperoleh informasi dari institusi teknis terkait di kabupaten setempat. Padahal bisa bernilai berita nasional.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.