UNBK SMKN 1 Garut Didukung Ragam Sarana Memadai

0
50 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News (04/04 – 2016 ).

Kepala SMKN 1 Garut.
Kepala SMKN 1 Garut.

Penyelenggaraan “Ujian Nasional Berbasis Komputer” (UNBK) di SMKN 1 Garut, antara lain didukung ragam sarana dan prasarana sangat memadai.

Termasuk disediakannya tujuh server berkapasitas 50 mg.

Serta di antaranya ketersediaan jaringan energi listrik berkekuatan 70 ribu watt.

Demikian antara lain dikemukakan Kepala Lembaga Pendidikan Formal Kejuruan tersebut, H. Dadang Johar Arifin, MM kepada Garut News, Senin (04/04-2016), di sela pelaksanaan UNBK yang diikuti 21 rombongan belajar dengan 745 murid.

Drs Agus Setiadi.
Drs Agus Setiadi.

Mereka masing-masing dari jurusan teknik komputer jaringan, multi media, akuntansi, administrasi perkantoran, tata niaga/pemasaran, serta jurusan farmasi, sebagaimana diungkapkan pula Wakasek Bidang Kurikulum Drs Pudji Santoso.

Sedangkan jika ada keluhan murid mata silau menatap layar atawa monitor kumputer, menurutnya hanya terbatas keluhan individual, yang kemungkinan terganggunya kondisi kesehatan mata peserta UNBK, tandas Pudji Santoso, menambahkan.

Berlangsung selama empat hari, setiap harinya tiga sesion terdiri pukul 08.00 – 10.00, pukul 10.30 – 12.30, serta pada pukul 14.00 – 16.00.

Drs Pudji Santoso (berdiri).
Drs Pudji Santoso (berdiri).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana/Prasarana SMKN tersebut, Drs Agus Setiadi mengemukakan pula ragam piranti pendukung UNBK itu, disiapkannya sejak Desember 2015 lalu.

Bahkan pernah digunakan kegiatan uji coba (TO) pertama, dan kedua kalinya yang diselenggarakan serta dipantau langsung kemendiknas, mulai pada perangkat server hingga perangkat komputernya.

Sehingga selama ini kompetensi setiap seluruh peralatan berbasis komputer ini, dinilai maksimal dimanfaatkan pada delapan laboratorium, ungkap Agus Setiadi.

Nura Asiah.
Nura Asiah.

Termasuk kesiapan “Genset” guna mengantisipasi jika terjadi gangguan aliran energi listrik dari jaringan PLN, katanya.

Nura Asiah murid jurusan multimedia kepada Garut News katakan, UNBK yang diikutinya tersebut dinilai lebih efisien dan praktis.

Jika dibandingkan ujian secara manual, sehingga 50 soal Bahasa Indonesia yang dikerjakannya itu bisa diselesaikan dengan lancar, dan dia katakan berobsesi bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, UNPAD Bandung.

Efisien dan lancarnya UNBK, juga dikemukakan Faisal juga murid jurusan multi media, yang bercita-cita bisa menjadi repoter televisi, maupun penyiar pada radio penyiaran, setamatnya dari SMKN 1 Garut, katanya.

“Prestasi SMKN 1 Garut”

Agus Sodikman.
Agus Sodikman.

Selain prestasi akademik serta keterampilan teknis, sekolah kejuruan tersebut juga berprestasi dibidang olahraga, di antaranya berhasil meraih juara kedua tingkat nasional pada kompetisi “Lomba Keterampilan Siswa” (LKS) di Makasar Sulawesi Selatan 2015.

Diraih pebulu tangkis tunggal putri atas nama Dewi Oktaviani, ungkap pengajar olahraganya Agus Sodikman yang juga lulusan “Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan” (FPOK) Bandung.

Bahkan, kini masih kembali menyiapkan pebulu tangkis tunggal putri atas nama Hopipah guna mengikuti kompetisi LKS 2016 tingkat Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Kuningan pada Mei 2016 mendatang.

Faisal.
Faisal.

Sehingga beragam persiapan latihan fisik, dan mental kian gencar diselenggarakan.

Termasuk antara lain mengikuti pelbagai pertandingan dengan kalangan masyarakat.

Lantaran SMKN 1 Garut memiliki konsistensi mengembangkan kualitas olahraga prestasi unggulan.

Berupa bulu tangkis serta futsal, ungkap Agus Sodikman.

 

 

*******