UN Diduga Bocor Dibantah Petinggi Disdik Garut

0
60 views

Garut News ( Kamis, 16/04 – 2015 ).

Ilustrasi Muhammad Erwin Ramadhan. (Foto : John Doddy Hidayat).
Ilustrasi Muhammad Erwin Ramadhan. (Foto : John Doddy Hidayat).

Penyelenggaraan “Ujian Nasional” (UN) 2015 di Kabupaten Garut diduga kuat bocor. Menyusul banyak pesertanya mengaku mendapat soal dan kunci jawaban sebelum UN digelar.

“Semula saya ragu lantaran takut info jongklok. Namun dari pelajaran pertama, Senin hingga berahir Rabu, ternyata soal dan jawaban itu persis benar,” ungkap seorang siswa SMA di kawasan Garut Kota yang  disebutkan namanya, Kamis (16/04-2015).
Pengakuan senada juga diungkapkan siswa lain. Sejumlah siswa mengaku senang adanya bocoran soal tersebut, sebab menjadikan mereka lebih percaya diri saat mengerjakan soal.

“Sebenarnya, nyaris seluruh soal mata pelajaran di-UN-kan itu berat. Kalau enggak ada kunci jawaban, bakal sulit sekali, “ ujar salah seorang murid.

Mereka pun tak memermasalahkan kasus kebocoran soal UN itu. Alasannya, yang penting bisa lulus sekolah dan segera mendapat pekerjaan.

Kepala “Dinas Pendidikan” (Disdik) kabupaten setempat, Mahmud membantah keras isu tersebut. Dia mengaku belum menerima laporan beredarnya bocoran soal atawa kunci jawaban UN di Garut, katanya.

Dia juga mengklaim pelaksanaan UN di Garut berjalan lancar dan aman, meski penanganan UN tahun ini beda dengan UN sebelumnya.

“Dulu, penjagaan polisi sangat ketat sampai-sampai anak-anak pun panik. Sekarang penjagaan tetap dilakukan, tetapi tak seperti dulu. Sehingga anak-anak juga terlihat biasa saja,” katanya pula.

Hal senada dikatakan Sekretaris Disdik, Dede Sutisna. Mengaku pula belum menerima laporan apapun terkait kebocoran UN di Garut.

“Kalau baca berita di media memang saya dengar UN bocor melalui internet. Tetapi kalau di Garut saya rasa tidak. Di Garut berjalan lancar,” ungkap dia, yakin.

*********

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here