UDD PMI Garut Kerap Kekurangan Persediaan Darah

0
45 views

Fotografer : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Kamis, 17/09 – 2015 ).

aa3Terdapat 49 labu darah berhasil terkumpul dari para pendonor pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Palang Merah Indonesia (PMI) digelar Pemkab Garut, Kamis (17/09/2015).

Kegiatan kerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI itu berlangsung sekitar dua jam, diikuti seratus lebih pegawai Pemkab dan sejumlah pelajar.

Kepala Diskominfo Dik Dik Hendrajaya mengapresiasi kegiatan tersebut, bahkan dia berkeinginan menjadi agenda rutin guna memenuhi kebutuhan darah yang hingga kini masih selalu kekurangan.

“Saat ini kebutuhan darah di Garut per bulan sekitar 1.500 labu, belum bisa terlayani semuanya,” katanya.

aa4Kabag Administrasi UDD PMI Miftah Faried katakan, kebutuhan darah di Garut saat ini lebih banyak lagi, mencapai sekitar 1.700 labu per bulan. Namun bisa dilayani sekitar 1.200 labu.

Dari persediaan darah 1.200 labu per bulan itu pun, lanjut Miftah, dipenuhi dari donasi darah di Garut sekitar 400-500 orang per bulan. Sedangkan stok darah lainnya dipenuhi dari luar daerah. Seperti Tasikmalaya, Karawang, Bekasi, dan Tangerang.

“HUT ke-70 PMI kini kita gelar di dua lokasi. Di Diskominfo kerja sama dengan Pemkab Garut, dan di SMAN 20 Kecamatan Singajaya. Kita estimasikan bisa memeroleh 50 pendonor dari kegiatan ini,” katanya.

*******

Noel, Jdh.