Tujuh Pertanyaan untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan

0
132 views

Garut News ( Ahad, 14/12 – 2014 ).

Jaringan pipa gas. (Perusahaan Gas Negara (PGN)
Jaringan pipa gas. (Perusahaan Gas Negara (PGN)

Ada tujuh pertanyaan untuk pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan. Ketujuh pertanyaan itu meliputi aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam laporan berkelanjutan seperti pengelolaan limbah dengan benar, upaya menekan emisi gas rumah kaca, penghormatan kepada hak-hak karyawan, upaya perusahaan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitar kawasan operasional perusahaan, hingga langkah-langkah pencegahan dan penindakan terjadinya korupsi.

Adalah Direktur Eksekutif “National Center Sustainability Reporting” (NCSR) Ali Darwin dalam laporannya pada Rabu kemarin.

Laporan yang diluncurkan bersamaan dengan “Sustainability Reporting Award” (SRA) itu juga menunjukkan bahwa di Indonesia, kian banyak perusahaan yang membuat laporan berkelanjutan ketimbang pada 2005 silam.

Total pada 2014, ada 60 perusahaan yang sudah membuat laporan keberlanjutan. Pada 2005, baru lima perusahaan yang membuat laporan seperti ini.

Catatan menunjukkan tahun ini ada 35 perusahaan yang mengikuti SRA. Pencapaian ini, kata mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja yang bertindak sebagai ketua dewan juri merupakan prestasi tersendiri. “Pencapaian itu juga menjadi tantangan,” katanya.

Sarwono menjelaskan sejak dua tahun silam Bursa Efek Singapura sudah mewajibkan anggota bursa menerbitkan laporan keberlanjutan.

“Ïni menjadi tantangan bagi Indonesia untuk juga mengikuti hal yang sama,” kata Sarwono.

Ada lima kategori perusahaan dalam SRA yakni kelompok mineral dan batubara, kelompok energi, minyak, dan gas, kelompok manufaktur, kelompok infrastruktur, dan kelompok jasa keuangan.

Juara umum untuk seluruh penilaian itu adalah PT Perusahaan Gas (Persero) Tbk.

********

Editor : Josephus Primus/Kompas.com