Tips Menemukan Informasi Yang Terpercaya di Internet

0
36 views

Garut News ( Senin, 30/05 – 2016 ).

aa391Sebuah Paradox, pada saat menemukan informasi semakin mudah dengan melimpahnya berbagai informasi di Internet, maka semakin susah untuk menemukan informasi yang terpercaya. Sekarang siapa saja akan dengan mudah membuat situs web dan mengunggah dan membagi informasi mengenai apa saja.

Adanya media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan lain-lain, juga semakin mempermudah siapa pun juga untuk mengunggah dan membagi informasi. Bentuk informasinya pun semakin beragam, mulai dari sekedar teks, suara, gambar maupun audio visual.

Demikian juga dengan media massa di Indonesia. Anggota Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo, pada Januari 2016, pernah menyampaikan, “Saat ini ada sekitar 2.000 media online. Tetapi menurutnya, yang sesuai dengan kaidah jurnalistik dan mempunyai kelayakan sebagai perusahaan hanya sekitar 211 media”, yang dikutip dari situs web Direktorat Politik dan Komunikasi Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas.

Disebutkan pula dengan semakin banyaknya media baru, menyebabkan persoalan baru dalam penerapan etika jurnalistik dan independensi media dalam menghasilkan pemberitaan.

Informasi semakin melimpah, dari jutaan sumber informasi, sebagian informasi tersebut adalah informasi yang tidak tepat dan kurang kredibel, lalu bagaimana kita bisa menemukan informasi yang terpercaya? Cara yang mudah dan sederhana adalah dengan memperhatikan aspek Who, What dan How atau Siapa, Apa dan Bagaimana.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah aspek “Who” atau siapa sumber dari informasi yang dicari. Harus dipastikan sumber informasi adalah sumber yang terpercaya. Cara yang bisa dilakukan adalah melihat pada bagian “About” pada situs web yang kita baca.

Pada sumber yang terpercaya biasanya dengan jelas mencantumkan informasi mengenai pengelola situs web tersebut. Selain pada bagian “About”, pemilik situs web bisa dicek melalui penyedia informasi domain, seperti http://www.whois.sc.

Pastikan pengelola situs web adalah pihak yang memang kredibel dan berwenang untuk menyampaikan informasi yang Anda cari. Sebagai contoh, untuk mencari informasi tentang harga dan jenis paket berlangganan IndiHome, maka yang paling tepat adalah dengan menemukannya di situs web resmi IndiHome dari Telkom Indonesia, yaitu http://www.indihome.co.id, dengan masuk pada halaman menu package di http://www.indihome.co.id/package.

Aspek kedua adalah “What” atau apa yang ditampilkan di situs web tersebut. Bagaimanakah kualitas dan kekinian informasi yang disajikan. Informasi yang baik bukan saja akurat tetapi juga harus up to date.

Informasi yang ditampilkan di situs web resmi IndiHome selalu up to date, seperti harga dan jenis paket yang berlaku, tayangan favorit yang sedang populer di USeeTV saat ini dan juga program-program promo terbaru yang menarik.

Ketiga adalah “How”, bagaimana informasi tersebut mampu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan informasi kita. Selain akurat dan up to date, informasi mengenai IndiHome di http://www.indihome.co.id juga lengkap.

Informasi yang disediakan mencakup berbagai hal tentang IndiHome yang perlu diketahui pelanggan, seperti beragam layanan tambahan (add-on) terbaru, info pemakaian (usage) IndiHome, FAQ (Frequently Asked Questions) dan masih banyak lagi informasi penting.

Untuk memastikan suatu informasi bisa menjawab kebutuhan kita maka perlu dilakukan check and recheck, melakukan konfirmasi mengenai kebenaran informasi. Contohnya adalah apabila kita mendapatkan informasi tentang IndiHome dari media sosial, sangat disarankan untuk melakukan konfirmasi melalui kanal atau media resmi, khususnya web http://www.indihome.co.id atau akun media sosial resmi yang dikelola Telkom Indonesia, seperti @TelkomPromo atau @TelkomCare. (Adv)

*******

Kompas.com