Tiga Rumah Semipermanen Limbangan Hangus Diranggas Api

0
22 views
Senantiasa Siap, dan Waspada.
Kepala UPTD Damkar Wilayah I, Syam Sumaryana, SH, MH.

“Kemungkinan sumber api konsleting listrik”

Garut News ( Kamis, 12/09 – 2019 ).

Terdapat tiga unit rumah semipermanen di Kampung Bojong RT. 05/02 Desa Ciwangi Balubur Limbangan Garut, Jawa Barat, hangus diranggas api.

Selain itu, ada tiga unit rumah lainnya berdekatan juga mengalami kerusakan terdampak kebakaran tersebut. Tak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa, Rabu (11/09-2019) malam itu.

Keenam rumah hangus terbakar dan terdampak ini, terdiri milik Eha, Edi, Titi, Ipan, Sobana, dan milik Agus.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan pada Disdamkar, Wawan Sobarwan katakan kerugian materialnya ditaksir mencapai Rp500 juta.

Keterangan saksi, Rabu sekitar pukul 22.50 WIB kobaran api mendadak sontak membesar dan menjalar hingga menghanguskan tiga rumah. Selain material rumah berbahan kayu dan bambu, cepatnya kebakaran lantaran kering-kerontang diperparah angin relatif kencang.

Dinas Damkar menerjunkan satu unit mobil pemadam dengan empat anggota dari Unit Pelaksana Teknis Balubur Limbangan. Mereka segera merespon laporan warga. Hanya enam menit, petugas tiba di lokasi dan langsung berupaya memadamkan kobaran api. Sehingga bisa dikendalikan dan tak lebih meluas.

Pada Kamis (12/09-2019) sekitar pukul 02.20 WIB, situasi dinyatakan aman, namun korban kehilangan tempat tinggalnya, sehingga sementara diungsikan ke rumah kerabat dan tetangganya.

“Keterangan saksi, kemungkinan sumber api dari konsleting listrik,” kata Wawan.

*******

(Abisyamil, JDH/Fotografer : John Doddy Hidayat).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here