Terjangan Banjir Garut Iringi Kunjungan Presiden Jokowi

0
51 views
Banjir Pada Sejumlah Titik Lokasi. (Foto : John Doddy Hidayat).

Garut News ( Ahad, 20/01 – 2019 ).

Banjir di Sejumlah Titik Lokasi. (Foto : John Doddy Hidayat).

Terjangan banjir akibat hujan deras pada sejumlah titik lokasi, mengiringi hari kedua kunjungan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Garut, Jawa Barat, Ahad (20/01 – 2019 ), antara lain menjadikan penduduk sangat panik.

Bahkan luapan banjir bercampur lumpur tanah lantaran meluapnya aliran sungai menggenangi lintasan ruas Jalan Raya Bayongbong di Desa Salakuray Bayongbong. Berdampak terjadi kemacetan serta menggenangi pemukiman penduduk.

Banjiri Lintasan Jalan Panawuan.

Peristiwa serupa juga terjadi pada lintasan ruas jalan, dan permukiman warga Desa Panembong, Sirnagalih, serta Hegarmanah.

Hingga sekitar pukul 19.00 WIB, arus lalu lintas pada ruas jalan menghubungkan Garut Kota dengan Pameungpeuk, dan Bungbulang sangat padat. “Jalan (arus lalu lintas) sangat terhambat,” antara lain ungkap staf Dinas Komunikasi dan Informatika Garut, Tono.

Sempat Menjadikan Penduduk Sangat Panik.

Nyaris bersamaan pula, derasnya instensitas curah hujan menjadikan lokasi tenda helatan silaturahmi warga dengan Presiden Jokowi di Desa Banjarsari Bayongbong digenangi banjir.

Sehingga tamu undangan yang bersiap menyambut kedatangan Jokowi serta rombongan menjadi sangat panik. Aparat pun sibuk berupaya menenangkan warga, termasuk menjaga sarana prasarana tenda agar tetap aman.

“Semua undangan yang hadir sempat sangat panik sebab hujan lebat disertai angin kencang,” ujar Sony penyedia jasa katering.

Banjiri Lintasan Jalan Panawuan.

Pada waktu bersamaan, sejumlah warga di Kampung Cimacan Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul terpaksa mengungsi karena daerahnya diterjang banjir luapan air sungai Cimanuk berdebit terus meningkat.

Petugas BPBD Garut diterjunkan membantu mengevakuasi warga. Menurut Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Erwin Gunadi, langkah mengevakuasi warga Cimacan dilakukan mengantisipasi kemungkinan semakin bertambahnya luapan sungai Cimanuk yang menggenangi permukiman warga.

Dikemukakan, berkaitan banjir di Bayongbong, dan Cimacan, BPBD juga menurunkan perahu karet, dan seluruh tim relawan. Sebagian relawan diturunkan mengevakuasi warga Bayongbong, dan lainnya bersiaga di wilayah Kecamatan Garut Kota, dan Kecamatan Tarogong Kidul sekitar sepanjang aliran sungai Cimanuk.

Meningkatnya debit air sungai Cimanuk juga mengundang perhatian para pengendara melintasi jembatan pada ruas Jalan Raya Cimanuk Leuwidaun, Jembatan Cimanuk Jalan Merdeka Kerkof, dan jembatan Cimanuk Maktal Jalan RSU.

Banyak di antaranya berhenti, sengaja mengabadikan kondisi aliran sungai Cimanuk yang bergulung-gulung itu dengan kamera seluler kemudian diunggah di media sosial.

Hingga berita ini disusun, masih berupaya mengonfirmasi kemungkinan adanya sekitar lima rumah Penduduk Bayongbong yang terbawa hanyut, namun bisa tertahan pepohonan.

Luapan air deras juga antara lain terjadi di seputar komplek perumahan Bumi Asri, serta lintasan Jalan Panawuan Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul Garut.

********

(NZ, JDH).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here