Teras Cihampelas Bisa Dijadikan Model Penertiban PKL Garut

0
42 views
Bisa Dijadikan Model atau Ilhami Penertiban PKL di Kota garut.

Garut News ( Sabtu, 06/01 – 2018 ).

Bisa Dijadikan Model atau Ilhami Penertiban PKL di Kota Garut.

Foto berita Garut News akhir pekan ini, Sabtu (06/01-2017), memotret produk inovatif dan kreativitas mewujudkan jembatan layang setinggi 4,6 meter berkemasan sarat estetika, yang kini dikenal dengan sebutan “Teras Cihampelas”.

Keberadaannya menjadikan sepanjang lintasan jalan pada destinasi wisata belanja Cihampelas tersebut, tak lagi sarat dengan kesemrawutan para ‘Pedagang Kaki Lima’ (PKL)

Para PKL Nyaman Berjualan Di Atas Jalan Layang (Teras Cihampelas).

Lantaran mereka difasilitasi sekaligus ‘dimanusiakan’ pada penataan anjungannya masing-masing di sepanjang jalan layang sejauh 450 meter, berlebar rata-rata 7,6 meter.

Dibangunnya wahana menelan dana sekitar Rp48 miliar tersebut, selain memiliki 12 teras berundak juga dilengkapi tiga tangga untuk menjangkaunya, berlantai warna-warni yang berpagar pengamanan sepanjang kiri dan kanannya.

Wahana Para PKL Sekaligus Sarana Hiburan.

Sehingga para pejalan kaki bisa nyaman, maupun tak lagi terusik oleh merebak-maraknya aktivitas para PKL, sedangkan para PKL sama sekali tak kehilangan mata pencaharian utama mereka.

Melainkan bisa berjualan dengan nyaman pula, bahkan sekaligus meningkatkan harkat dan derajatnya masing-masing.

Pesan Moral yang Komunikatif.

Dinamika denyut perekonomian ini, yang sekaligus tersedianya sarana hiburan sehat masyarakat, barangkali bisa dijadikan model yang efektif bagi Pemkab Garut untuk menertibkan para PKL di Pengkolan, yang selama ini nyaris tak pernah tuntas.

Apalagi kini Rudy Gunawan, dan Helmi Budiman yang masih menjabat Bupati dan Wabup Garut itu, diusung gabungan Partai Gerindra, PKS, dan Partai Nasdem untuk maju mencalonkan diri sebagai bakal calon (balon) Bupati 2019-2024 pada Pilkada serentak 2018.

Kota Bandung Kok… Bisa?

Setelah Partai Gerindra, PKS, dan Nasdem, Sabtu (06/01-2018), mendeklarasikan pemenangan balon petahana Rudy-Helmi pada Pilkada 2018 ini.

Bahkan diagendakan, Senin (08/01-2018), Rudy – Helmi mendaftar ke KPUD untuk Pilkada Garut 2018.

Maka tertumpu juga banyak harapan, mereka bisa memiliki ragam terobosan yang inovatif dan kreatif, terukur dan terencana.

Gedung Relokasi PKL Garut, Tidak Efektif.

Demikian juga hendaknya para Balon lainnya, untuk memimpin Garut yang berkemajuan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.