Temuan Terbaru Sekeluarga di Pameungpeuk Positip HIV/AIDS

0
13 views

Garut News ( Kamis, 26/02 – 2015 ).

Guntur Yana Hidayat.
Guntur Yana Hidayat.

Hingga menjelang akhir Februari 2015, dari 406 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Garut, terdapat di antaranya temuan terbaru sekeluarga di wilayah Kecamatan Pameungpeuk didera positip HIV/AIDS.

Sekeluarga tersebut, terdiri istri(35) menularkan pada suami(40) serta anaknya berusia 1,5 tahun, sebelumnya istri bekerja sebagai pemandu lagu di Sayang Heulang, dan Jakarta.

Mereka kini menjalani proses pengobatan oleh “Komisi Penanggulangan AIDS” (KPA), GFC dan PKBI, bahkan sejak sebulan terakhir ditangani Puskesmas DTP Pameungpeuk.

Pengelola Program KPA Garut, Guntur Yana Hidayat katakan hingga akhir Desember 2014 terdapat 403 kasus HIV/AIDS, juga ada temuan sekeluarga di antaranya positip HIV/AIDS.

Namun mereka penduduk Garut Kota, istri(30) tertular dari suami(29) kemudian menularkan pada anak kini berusia lima tahun, suami yang menularkannya telah meninggal dunia.

Kepada Garut News, Kamis (26/02-2015), Guntur Yana Hidayat mengemukakan pula, 406 kasus HIV/AIDS itu, setelah adanya penambahan satu kasus pada Januari 2015, kemudian penambahan dua kasus hingga menjelang akhir Februari 2015, katanya.

Kini tengah diselenggarakan beragam kesiapan, agar setiap seluruh Puskesmas di Kabupaten Garut, memiliki kesiapan membuka jasa layanan tes HIV, serta “Insfeksi Menular Seksual” (IMS).

Menyusul selama ini, juga terdapat lima puskesmas telah membuka jasa layanannya, kemudian bakal segera meningkat menjadi sepuluh Puskesmas, katanya pula.

********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.