TDA Garut Bangun Pesantren Tahfiz Gratis di Panawuan

0
117 views
Lokasi Pembangunan Pesantren “Tahfiz” di Kampung Panawuan.

Garut News ( Sabtu, 17/06 – 2018 ).

Lokasi Pembangunan Pesantren “Tahfiz” di Kampung Panawuan.

Foto berita www.garutnews.com pada akhir pekan ini, Sabtu ( 17/06 – 2018 ), memotret sangat strategisnya kawasan titik lokasi gencar diselenggarakannya pembangunan “Pesantren Tahfiz Gratis” di Kampung Panawuan Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat.

Angga Tirta.

Perkenalkan saya Ketua “TDA” (Tangan Di Atas) Kabupaten Garut, Angga Tirta yang juga Pimpinan Pesantren tersebut, mengemukakan bersama rekan – rerkan TDA kabupaten setempat ber inisiatif sekaligus kini menggalang dana pembangunan fasilitas belajar bagi santri sebuah pesantren kecil di Garut yang tak mampu lagi menyediakan sarana belajar dan asrama memadai.

Padahal Pesantren Nurul Quran berdiri sejak setahun terakhir dengan jumlah santri 40 anak. Mereka mayoritas dari kalangan masyarakat tak mampu, dan di tampung di rumah milik seorang guru honorer, yang bahkan kerap tak menerima gaji lantaran berstatus seorang guru tamu di sebuah yayasan.

Berlokasi Sangat Strategis.

Pesantren tersebut beralamat di Jalan KH Masduqi No.80 Kampung Pasawahan RT/RW 02/02 Kelurahan Pananjung Tarogong Kaler Garut 44151.

Dikelola oleh Ust. Bary, beliau biasa di panggil. Seorang Hafiz Qur’an lulusan Kudus dan bersanad. Ketulusannya menampung para penghapal Qur’an berbiaya se ikhlasnya. Malahan ada yang gratis sebab tak mampu membayar, namun beliau tak menuntut.

Meski kondisi rumah sudah penuh sesak, sehingga terpaksa santri Laki – laki tidur di masjid. sangat mengkhawatirkan karena kondisi di masjid dingin tanpa sekat kamar, menjadikan banyak santri menderita kedinginan sepanjang.

Sedangkan Pesantren Nurul Quran yang dirintis dari rumah kini dalam proses pembuatan akta Yayasan. Ust Bary dan Istri pun bahu membahu dengan ikhlas mengasuh para santri.

Dalam pada itu Pesantren Tahfiz yang dibangun di Kampung Panawuan mengagendakan kegiatan ;

1. Tahfiz Quran untuk anak usia sekolah

2. Program pelatihan Digital Marketing untuk santri dan masyarakat sekitar

3. Program Pesantren mandiri dengan membuat unit usaha pesantren bersinergi bersama masyarakat sekitar, sehingga diharapkan unit bisnis ini bisa menanggung biaya operasional pesantren, kemudian menjadi pesantren mandiri

Seluruh program pemberdayaan bisnis dan usaha mandiri itu,langsung dibina juga dikelola Komunitas Wirausaha Terbesar di Indonesia yakni TDA.

Maka saat inilah…….. kesempatan kita bisa berdonasi dengan wakaf tanah serta sarana belajar santri. Menyusul TDA Garut mendapatkan lahan sangat cocok dijadikan lokasi baru Pesantren Nurul Quran, di Kampung Panauwan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Mendesak segera bisa memenuhi kebutuhan anggaran diperlukan untuk pembebasan tanah tahap satu seluas 1.400 m2 bernilai Rp250 Juta.

Juga pemenuhan kebutuhan biaya pembangunan fisik awal asrama, serta masjid kecil bernilai Rp500 Juta. Selain itu pula kebutuhan investasi membangun unit bisnis pesantren di anggarkan Rp250 juta, agar ke depan pesantren ini bisa benar – benar mandiri. Sehingga total anggaran diperlukan mencapai sekitar Rp1 Miliar.

Karena itu, jika terdapat pertanyaan silahkan menghubungi TDA Garut diwakili Ketua TDA Garut, imbuh Angga Tirta pada 0878-2781-1049

Facebook : https://www.facebook.com/angga.tirta.31

https://www.facebook.com/tdagarut/

https://www.facebook.com/nurulqurangarut/

“Terima Kasih Atas Bantuan Serta Doa nya. Semoga sebuah batu bata atau sebutir pasir yang Anda donasikan, menjadi amal jariah yang senantiasa terus – menerus mengalir pahalanya karena digunakan para pencari ilmu Islam..Aamiin…,” 
Demikian Angga Tirta.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here