Tarkhan, Inilah Gaun Tertua yang Pernah Dibuat Manusia

0
16 views

Garut News ( Ahad, 21/02 – 2016 ).

Gaun Tarkhan berusia 5.000 tahun dinobatkan sebagai gaun tertua di dunia. (Petrie Museum of Egyptian Archaeology/Universiy College London).
Gaun Tarkhan berusia 5.000 tahun dinobatkan sebagai gaun tertua di dunia. (Petrie Museum of Egyptian Archaeology/Universiy College London).

Ilmuwan baru-baru ini mengungkap usia gaun kuno.

Gaun itu pertama kali ditemukan pada awal tahun 1900-an di sebuah kuburan Mesir Kuno. Setelah terabaikan selama seabad, gaun itu akhirnya diteliti. Terungkap, usianya lebih dari 5.000 tahun!

Dengan usia tersebut, gaun berbahan linen itu dinobatkan sebagai yang tertua di dunia.

Gaun yang disebut Tarkhan itu langka. Kebanyakan pakaian kuno yang ditemukan berusia jauh lebih muda, sekitar 2.000 tahun. Selain itu, kondisinya sudah compang-camping.

Pakaian berusia 5.000 tahun yang ditemukan sebelumnya memang ada. Namun, rancangannya sangat sederhana, hanya berupa kain yang dibalutkan pada tubuh.

Tarkhan istimewa dengan lengan yang dijahit, kerah V, serta lipatan yang rapi. Rancangannya mirip dengan gaun-gaun yang dipajang di toko-toko sekarang.

Dengan rancangannya, Tarkhan pasti dibuat dan dipakai oleh kalangan berkelas. Adanya lipatan menunjukkan bahwa gaun tersebut memang dipakai, bukan hanya untuk upacara.

Alice Stevenson, kurator Petrie Museum of Egyptian Archaeology di London mengungkapkan, keunikan gaun itu baru disadari tahun 1977.

Jana Jones dari Macquarie University mengatakan, gaun itu sengaja dikubur bersama orang yang mengenakannya. Selain gaun, dikubur juga kosmetik dan pakaian.

“Saya senang membaca bahwa gaun Tarkhan itu telah ditentukan usianya dengan penanggalan radiokarbon dan bahwa sains telah menempatkannya di posisi paling tepat sebagai gaun tertua di dunia,” kata Jones seperti dikutip National Geographic, Kamis (18/2/2015).

******

Editor : Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com