Tapak Suci Optimis Juara Umum Jakarta Pencak Silat Championship

0
207 views

Garut News ( Selasa, 24/05 – 2016 ).

Tapak Suci Kabupaten Garut. (Ist).
Tapak Suci Muhammadiyah Kabupaten Garut. (Ist).

Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Garut, kian memerlihatkan prestasinya. Sehingga berhasil diperhitungkan pada pelbagai ajang kejuaraan pencak silat.

Di antaranya pada laga Kejuaraan Semi Internasional Pencak Silat Pakubumi Open Cup I tahun 2016 digelar di Padepokan Pencak Silat “Taman Mini Indonesia Indah” (TMII) Jakarta, Sabtu dan Ahad (21-22/05-2016).

Meski hanya mengikutsertakan 33 atlitnya, namun Tapak Suci berhasil unjuk gigi menempati peringkat lima besar pada kejuaraan diikuti sekitar 2.000 atlit dari pelbagai perguruan pencak silat tersebut.

“Meski hanya mengikutkan 33 atlit, Alhamdulillah, semuanya mendapat medali. Ada sembilan emas, 13 perak, dan 10perunggu. Untuk tingkat SMA, kita mendapat lima emas, tujuh perak, lima perunggu; SMP empat emas, enam perak, lima perunggu; serta SD dapat satu emas,” ungkapo Rai Bhakti Juniar, Offisial Kontingen Garut juga Wakil Ketua II Biro Pengembangan Cabang pada “Pimpinan Daerah” (PD) 105 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Garut.

Dikatakan, peserta dibawanya ke TMII itu didominasi atlit dari Cabang Latihan Tapak Suci SMP/Ponpes Al Furqon Muhammadiyah Cibiuk mencapai 18 atlit, sedangkan sisanya dari Panawuan, SMA Muhammadiyah Garut, SMA Muhammadiyah Kadungora, dan Cabang Latihan Yayasan Pendidikan Islam Al Khoiriyah Karangpawitan.

Sebanyak 2.000 peserta kejuaraan memerebutkan Piala Eddie M Nalapraya (Penasihat IPSI/Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia)/Tokoh Pencak Silat Dunia) ini, antara lain berasal dari IPSI Kota Pontianak, Purbalingga, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Juga atlit SMA Gracia Singapura sebagai undangan. Pada helatan tersebut Kota Purbalingga Jawa Tengah menyabet predikat juara umum.

“Kita turut bangga lantaran menjadi juara umum dari Kota Purbalingga itu, juga sama seperguruan dengan kita Tapak Suci. Jumlah atlit dibawa mereka banyak, sekitar 80, mulai tingkat SD, SMP, dan SMA. Sedangkan kita hanya 33. Kita tak menyangka dari daerah lain membawa atlit banyak,” ujar Rai.

Rai optimis, ajang Jakarta Pencak Silat Championship digelar Nopember 2016 mendatang, Tapak Suci Garut bisa lebih berprestasi lagi. Tak tanggung-tanggung, juara umum pun menjadi targetnya.

Keberhasilan Tapak Suci Garut menembus lima besar kejuaraan Pakubumi Open Cup I itu disambut jajaran pengurus Tapak Suci Garut. Tak tertinggal pengurus dan santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Furqon Cibiuk secara khusus menggelar syukuran dilengkapi makan besar di sebuah rumah makan khas Sambel Cibiuk.

Kabar berikut foto-foto keberhasilan kontingen Garut khususnya santri al Furqon mempersembahkan seumlah medali dari kejuaraan itu pun ramai diposting di media sosial.

Raihan prestasi atlit Tapak Suci Garut pun diperlihatkan dengan keberhasilannya menyabet enam medali emas, dan dua medali perak pada kejuaraan pencak silat tingkat Kabupaten Garut memerebutkan Piala Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) kabupaten digelar bersamaan, Ahad (22/05-2016).

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi pada PD 105 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Garut, Hidayat Iskandar katakan pada kejuaraan diikuti para pelajar se-Kabupaten Garut di Bayongbong itu, 28 atlit peraih medali emas, sebanyak enam atlit di antaranya dari Tapak Suci, diikutkan sebagai utusan untuk mengikuti kejuaraan serupa tingkat provinsi memerebutkan Piala Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat pada Nopember 2016 mendatang.

*******

( nz, jdh ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here