Tapak Suci Kembali Torehkan Ragam Prestasi Membanggakan

0
176 views
Ilustrasi.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 01/11 – 2016 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kalangan atlit pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah juga santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Furqon Muhammadiyah Cibiuk Garut, Jawa Barat, kembali menorehkan prestasi dengan menyabet juara umum tingkat SMP pada Kejuaraan Tapak Suci tingkat SMP-SMA se-Kabupaten Garut digelar di Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul pada 29-30 Oktober 2016.

Sebelumnya, para atlit Tapak Suci dari al Furqon juga berhasil menorehkan prestasinya pada Kejuaraan Semi Internasional Pencak Silat Pakubumi Open Cup I tahun 2016 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 22 Mei 2016 lalu.

Meski tak menjadi juara, dari 18 atlit Tapak Suci mengikuti kejuaraan itu, semuanya berhasil meraih medali. Mulai medali emas, medali perak hingga medali perunggu. Sehingga tak satu pun pulang dengan tangan hampa.

Maka, torehan prestasi ini disambut sukacita para pengurus Ponpes al Furqon serta para orangtua santri. Ragam ungkapan gembira, dan ucapan selamat pun bertebaran melalui media sosial.

“Alhamdulillah ! Selamat buat anak-anak yang kembali berhasil menunjukkan prestasinya. Mudah-mudahan bisa dipertahankan, bahkan lebih meningkat,” ungkap orangtua santri Tri Nurtanti (36), Senin (31/10-2016).

Pada kejuaraan digelar selama dua hari itu, Ponpes al Furqon berhasil menempatkan para atlit Tapak Suci-nya sebagai juara umum untuk tingkat SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA, para atlitnya menempati posisi keempat, setelah SMK Muhammadiyah Kadungora 2, SMA Muhammadiyah Kadungora, dan SMA Muhammadiyah 1 Garut.

Wakil Ketua II Biro Pengembangan Cabang pada Pimpinan Daerah (PD) 105 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Garut Rai Bhakti Juniar katakan, kejuaraan digelar dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Muharram 1438 Hijriyah, dan Sumpah Pemuda tersebut diikuti  230 peserta.

Antara lain dari Cabang Panawuan, Cabang Karangpawitan, Cabang Kadungora, Cabang Garut Kota, Cabang Cibiuk, dan Cabang Sucinaraja. Tempat pertandingan dibagi dua tempat, masing-masing di Aula Kelurahan Sukajaya, dan Gelanggang Olahraga Putra Siliwangi Kecamatan Tarogong Kidul.

Dengan katagori dipertandingkan terdiri katagori tanding, dan katagori seni tunggal, ganda, dan regu (TGR).

“Melalui kejuaraan ini, kita berharap dapat mencetak kader-kader Tapak Suci Garut yang berkemajuan,” imbuhnya.

Dikemukakan, minat masyarakat Garut terhadap pencak silat Tapak Suci sendiri terbilang sangat antusias dengan peningkatan keanggotaan cukup signifikan. Jumlah anggota Tapak Suci Putra Muhammadiyah di Garut saat ini mencapai sedikitnya 3.000 anggota.

“Alhamdulillah ! Perkembangan Tapak Suci di Garut saat ini melesat cukup signifikan. Bahkan tahun ini, trennya terlihat mulai anak-anak usia dini, TK, dan SD. Ini hal positif bagi perkembangan masa depan seni bela diri asli Indonesia ini,” ujarnya.

Dikatakan, selain bakal digelar Latihan Gabungan dalam waktu dekat, pihaknya juga terus menyiapkan para atlit Tapak Suci akan disertakan berlaga dan bertanding di Kejurnas Remaja Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Malang Jawa Timur pada 4 hingga 8 Desember 2016 mendatang.

*********

(nz, jdh).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here