Taman Satwa Cikembulan Jalin Kolaborasi Dengan Bunbin

0
76 views

Garut News ( Selasa, 24/02 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Pengelola Taman Satwa Cikembulan di Kadungora Garut,  menjalin kolaborasi peningkatan tata kelola kaidah kesehatan hewan dengan pengelola Kebun Binatang Bandung.

Manajer Taman Satwa Cikembulan Rudy Arifin katakan, pihaknya mengundang dokter hewan Kebun Binatan Bandung melakukan pemeriksaan hewan.

Dengan jalinan kerja sama itu, diharapkan satwa di Cikembulan tak terkena penyakit hewan mewabah.

Dikemukakan, idealnya pada Taman Satwa Cikembulan terdapat tenaga dokter kesehatan hewan senantiasa siaga di tempat.

Namun mendapatkan tenaga dokter kesehatan hewan ternyata tak mudah. Selain ahli di bidang kesehatan hewan, juga mesti memiliki jiwa pencinta satwa.

Di Garut terdapat beberapa dokter hewan. Tetapi kebanyakan fokusnya ke sapi, atau hewan-hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, ungkapnya, Selasa (24/02-2015).

Dijelaskan, pihaknya juga terus melakukan pemantauan dan pengamatan perilaku satwa-satwa di lingkungan Taman Satwa Cikembulan guna dilakukan pembenahan kandang.

Sehingga kondisi kandang sesuai kebutuhan dan keinginan satwa, katanya.

Misalnya satwa reptil seperti ular senang suhu panas, senang berjemur. Sehingga kandang pun disesuaikan agar ular bisa berjemur.

Secara umum, intinya satwa itu butuh tempat berlindung dari basah hujan maupun dari terik panas matahari. Kita menyesuaikannya, kata Rudy.

Meski perhatian Pemkab Garut terbilang masih minim, namun optimistis keberadaan taman satwa itu mendapat perhatian masyarakat luas.

Dia mengaku, beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan dari luar Garut justru lebih dominan.

Taman Satwa Cikembulan dengan primadona macan tutul jawa (Panthera pardus melas) itu, kini memiliki koleksi satwa 532 ekor dari 114 spesies.

Terdiri atas koleksi unggas sebanyak 376 populasi, reptil 24 populasi, dan mamalia sebanyak 132 populasi.

*******

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here