Surili

by
Surili di Taman Satwa Cikembulan, Garut, Jawa Barat.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 19/09 – 2016 ).

Surili di Taman Satwa Cikembulan, Garut, Jawa Barat.
Surili di Taman Satwa Cikembulan, Garut, Jawa Barat.

Surili Jawa (Presbytis comata). Terancam punah dipilih menjadi maskot PON XIX Jabar 2016. Primata tersebut, sejak 1974 dilindungi IUCN (The International Union for Conservation of Nature) lantaran satwa ini, asli Jawa Barat.

Manager Taman Satwa Cikembulan, Rudy Arifin, SE kepada Garut News, katakan selama ini lembaga konservasinya juga melindungi dan melestarikan “Surili”.

Bahkan terdapat Surili di Taman Satwa, satu-satunya di Provinsi Jawa Barat ini, sekarang jinak malahan bisa diajak bercengkrama, katanya.

Pada ajang Pameran Ekonomi Kreatif Puncak Peringatan Hari Jadi Ke-201 Garut, Keluarga Besar Pengelola Taman Satwa Cikembulan, juga antara lain menampilkan sosok “Surili”, yang diawetkan.

Surili.
Surili.

Surili jantan ini, mati pada usia 20 tahun, lantaran sakit, sebelumnya beragam upaya penyembuhan gencar dilaksanakan, namun tak tertolong kemungkinan faktor usia.

Sedangkan Taman Satwa Cikembulan, dengan kemandiriannya bisa mewujudkan sarana wisata edukatif, sekaligus dinilai sangat patuh membayar pajak.

Padahal desakan pemenuhan kebutuhan pakan satwa pun, masih terbilang untung bisa dipenuhi dengan baik, meski selama ini tanpa bantuan dari Pemkab setempat.

*********