Sukses SP2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia

0
178 views
Dody Gunawan Yusuf, S.Si.
‘Evaluasi Pemetaan dan Pemutahiran Wilkerstat serta Internaliasi SP2020’

“Kualitas Data Dihasilkan Mencatat Indonesia”

Garut News ( Selasa, 24/09 – 2019 ).

Beragam upaya kesiapan memerkuat pemahaman kegiatan ‘Sensus Penduduk 2020’ (SP2020), diawali bagi pegawai dan MAKO (Sekretariat) SP2020 dengan penerapan metode-metode baru dibandingkan SP sebelumnya.

“Kemudian dengan koordinasi, konsolidasi, kolaborasi, juga masifnya publisitas menyosialisasikan setiap tahapanya di Kabupaten Garut kepada segala lapisan, guna menyukseskan SP2020 ‘Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia’,” imbuh Kepala BPS kabupaten setempat Dody Gunawan Yusuf, S.Si.

Ketika membuka penyelenggaraan kegiatan ‘Evaluasi Pemetaan dan Pemutahiran Wilkerstat serta Internalisasi SP2020’ di Santika Hotel, Selasa (24/09-2019),  dikemukakan pula bisa diperolehnya aspek kualitas data yang dihasilkan.

Dialog Interaktif.

Antara lain dengan merekrut dan melatih 3.400 orang untuk memenuhi kebutuhan petugas SP2020 di kabupaten ini.

“SP2020 pun Mencatat Indonesia, Satu Data Kependudukan Indonesia,” ungkap Dody Gunawan Yusuf.

Penandatanganan Komitment Bersama Sukseskan SP2020.

Sehingga melalui Garut News dia menyerukan, agar masyarakat maupun responden bisa berperanserta menyukseskan setiap tahapan SP2020 termasuk pada pencacahan di lapangan Juli 2020 mendatang.

Dengan meningkatnya kesadaran, pemahaman, dukungan, dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat

Komitment Bersama.

“Saat dikunjungi petugas maupun dalam mengisi jawaban pada Sensus Online, sampaikan informasi yang benar, apa adanya, berkualitas secara agregat dengan tepat waktu,” imbuhnya pula.

Sedangkan sosialisasi ke pihak eksternal di antaranya kepada kalangan Mahasiswa, serta pelbagai lapisan dan komponen masyarakat hingga ke tingkat RT/RW melalui pemanfaatan aplikasi teknologi milenial termasuk media sosial.

Laporan Ketua Penyelenggara.

SP merupakan sensus terbesar dilaksanakan BPS mendata seluruh Penduduk Indonesia setiap 10 tahun sekali. SP2020 menjadi SP ketujuh di Indonesia bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik Penduduk Indonesia.

Data SP2020 sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan sampai dengan wilayah terkecil. Ragam program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat dipastikan bakal memerlukan data kependudukan dihasilkan SP2020.

Menyambut Kepala BPS yang Baru Menggantikan Pejabat Lama Berdikarjaya, SE, MM.

Tahap kegiatannya terdiri Koordinasi dan Konsolidasi, Penyiapan Basis Data Kependudukan, Pendataan Mandiri, Penyusunan Daftar Penduduk, Pemeriksaan Daftar Penduduk, Verifikasi Lapangan, dan Pencacahan Lapangan.

“Dialog Interaktif”

Semarak Penyambutan dan Pelepasan Kepala BPS Garut.

Kepala Seksi Statistik Sosial, Tris Subianto, SE bersama pejabat Struktural BPS Garut mengelar pula dialog interaktif yang membahas tuntas mengenai setiap tujuh tahapan SP2020.

Mereka pun detail memaparkan penerapan aplikasi Sensus Online, konsepsi Satuan Lingkungan Setempat (SLS), serta dengan persuasif dan humanis menjawab pertanyaan peserta Internalisasi.

Tampilkan Produk Kearifan Lokal.

Sebanyak 120 peserta terdiri Organik BPS, Dharma Wanita, KSK Mitra, dan kalangan Media Massa pun dengan dinamis mengikuti rangkaian Internalisasi tersebut.

Disajikan pula tayangan sejarah Sensus Penduduk di Indonesia sejak 1961 silam, hingga SP2020 bermetode kombinasi.

Membangun Soliditas Capaian Kulitas Kinerja.

BPS Garut Meraih prestasi pengelolaan Website terbaik I Tingkat Nasional 2019, dan Harapan I Tingkat Nasional ‘Survey Kebutuhan Data’ (SKD).

Dody Gunawan Yusuf mengharapkan dipelihara dan ditingkatkannya prestasi itu, termasuk prestasi lainnya dalam segala apek.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here