SMPN 1 Garut Bangun Komunikasi Dialogis Humanis

0
72 views
Aceng Mulyana, S.Pd, M.Pd.

Garut News ( Kamis, 09/05 – 2019 ).

Aceng Mulyana, S.Pd, M.Pd.

Kepala SMPN 1 Garut Aceng Mulyana, S.Pd, M.Pd menyatakan, kini institusi pendidikannya bersama Komite Sekolah antara lain memprioritaskan silaturahim dengan beragam kalangan masyarakat termasuk para orangtua murid, melalui formula membangun komunikasi dialogis, serta humanis.

Lantaran dengan terjalinnya komunikasi yang harmonis tersebut, dipastikan bisa maksimal meningkatkan kualitas ‘peran serta’ masyarakat, orangtua, dan pemerintah bersama bahu-membahu mewujudkan visi juga misi SMPN 1 Garut.

Murid SMPN 1 Garut Sangat Berkreatif Positip, Memanfaatkan Waktu Ngabuburit Sambil Berjualan Kurma di Pengkolan.

Sehingga dengan tingginya kepedulian masyarakat dan para orangtua murid itu, dapat menunjang keberhasilan program sekolah  yang antara lain melarang seluruh anak didik membawa telepon genggam ke sekolah.

“Selain itu bersama – sama mencegah terjadinya ‘Bully ing’ murid pada lingkungan SMPN 1 Garut,” imbuh Aceng Mulyana kepada Garut News di ruang kerjanya, Kamis ( 09/05  – 2019 ).

Aparat Kependidikan SMPN 1 Garut.

Bully, ungkapnya sebagai tindakan tak terpuji, yakni merupakan tindakan satu atau lebih induvidu merendahkan orang lain sebagai targetnya tanpa dasar yang jelas, hanya ingin mengintimidasi, berakibat pada seluruh lingkungan menjadi ikut membenci juga merendahkan sang target.

Karena itu pula, keberhasilan membangunan karakater setiap peserta didik agar mereka memiliki budi pekerti yang luhur dengan berkercerdasan akademis, spiritual, dan berkercedasan emosional yang tinggi, sangat diperlukan dukungan beragam kalangan.

Kenyamanan, dan Kondusivitas Ruang Kerja.

Di antaranya masyarakat lingkungan, dan para orangtua hendaknya senantiasa bisa hadir ikut serta mengemas peran sertanya masing – masing sesuai dengan kapasitas kewenangannya pula.

“Mewujudkan pendidikan berkualitas tinggi mutlak diperlukan keniscayaan terpadunya peran serta pemerintah, masyarakat, dan sekolah yang juga berkualitas,” tandas  Aceng Mulyana.

Membangun komunikasi dialogis, serta humanis.

Sedangkan prioritas lainnya, meningkatkan kualitas dan kapasitas masjid di lingkungan SMPN 1 Garut, beserta pembenahan toiletnya, kemudian pembenahan bangunan benteng depan sekolah agar lebih artistik edukatif antara lain dengan melibatkan peran serta kalangan alumni sekolah ini.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here