SMPN 1 Cilawu Bervisikan Berkarakter, Bersih, Berprestasi

0
560 views
Yusuf Satria Gautama.

Esay/Fotografer : John  Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 11/01 – 2017 ).

Yusuf Satria Gautama.
Yusuf Satria Gautama.

SMPN 1 Cilawu Garut, Jawa Barat, selama ini gencar merealisasikan pengembangan kualitasnya dengan bervisikan “Siswa Harus Berkarakter, Sekolah Beserta Lingkungan Bersih, Berprestasi”

Kepala SMPN tersebut, Drs Rd. Yusuf Satria Gautama mengemukakan “Berkarakter” dimaknai dengan upaya mewujudkan  setiap seluruh siswa berakhlaq mulia, berkepribadian, serta bersikap bagus juga terpuji.

Kemudian senantiasa berkondisi sekolah beserta seluruh lingkungannya bersih, sehingga terwujud kenyamanan proses “Kegiatan Belajar Mengajar” (KBM).

Direhabilitasi Dengan Memadai.
Direhabilitasi Dengan Memadai.

Maka para guru bersama seluruh siswanya memiliki semangat belajar tinggi, yang dipastikan bisa maksimal berprestasi, ungkap Yusuf Satria Gautama kepada Garut News di ruang kerjanya, Rabu (11/01-2017).

Dikatakan, dengan senantiasa merealisasikan visi itu. SMPN 1 Cilawu harus bisa bersaing dengan sekolah yang berada di perkotaan, bahkan dapat berprestasi pada tingkat provinsi juga berprestasi hingga tingkat pusat maupun nasional.

SMPN 1 Cilawu ini, juga sejak tiga tahun terakhir mengelola SMP terbuka. Karena itu Yusuf Satria Gautama menyampaikan terimakasih serta apresiasinya kepada para guru dan tenaga kependidikan di lingkungannya, lantaran selama ini kebijakannya mendapat dukungan penuh mereka.

“Kepala sekolah pun tak bisa bekerja sendiri, karena bukan superman,” ujarnya.

Masjid SMPN 1 Cilawu.
Masjid SMPN 1 Cilawu.

Sedangkan pada sepanjang 2017, program unggulan SMPN 1 Cilawu antara lain peningkatan prestasi  olahraga termasuk bola voly yang selama ini pun antara lain dapat berprestasi pada Porkab.

Kemudian pengembangan seni tradisional pencak silat, juga kian ditingkatkannya kualitas pendidikan, sehingga 2017 diharapkan bisa lebih maju, sekaligus siap menyelenggarakan Ujian Nasional, serta mendukung seluruh program pemerintah khususnya institusi pendidikan.

Sedangkan penyelenggaraan pada satuan pendidikan SMPN 1 Cilawu juga di antaranya berbasiskan “Sasaran Kinerja Pegawai” (SKP), sehingga setiap seluruh guru memiliki kesiapan untuk mendidik, dengan tetap memerhatikan upaya peningkatan kualitas kesejahteraannya.

Lingkungan Nyaman KBM SMPN 1 Cilawu.
Lingkungan Nyaman KBM SMPN 1 Cilawu.

SMPN 1 Cilawu memiliki 1.173 siswa, serta 164 siswa SMP Terbuka. Dikelola 56 guru yang 45 di antaranya berstatus PNS.

Proses KBM selama ini berlangsung pada 17 kelas yang telah direhabilitasi, termasuk sarana olahraga, juga masjid yang representatif berkapasitas 500 orang.

Ragam kegiatan rehabilitasi selain bersumber APBD kabupaten, juga memanfaatkan bantuan dari provinsi dan pusat, yang selama ini senantiasa diupayakan dengan menjemput bola maupun pro aktif, ungkap Yusuf Satria Gautama, yang selama ini pun berupaya maksimal “ngamumule” lembaga pendidikannya tersebut.

 

********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here