Situs Bersejarah Garut Dikepung Lingkungan Berkondisi Porak-poranda

0
37 views
Dibiarkan Terlantar.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Jum’at, 27/10 – 2017 ).

Dibiarkan Terlantar.

********* Komplek situs bersejarah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, selama ini kian dikepung lingkungan yang semakin berkondisi porak-poranda, padahal sangat berpotensi bagi pengembangan destinasi eko wisata berbasiskan ekologi, dan mitigasi bencana geologi.

Tanggul Penahan Lahar Dingin/Banjir.

********** Kawasan yang terhampar di lembah kaki Gunungapi Guntur tersebut, sejak sekitar 1960-an dikenal dengan sebutan “Pusat Pelatihan Penembakan/Perang” (PLP) berlokasi di Blok Seureuh Jawa pada wilayah Kecamatan
Tarogong Kaler.

Selain terdapat cerobong asap permanen setinggi 25 meter bekas pabrik penyulingan minyak akar wangi, yang juga dikenal dengan sebutan tugu PLP, terdapat pula sedikitnya tiga bangunan kokoh penahan luncuran lahar dingin dari cekungan tapal kuda puncak gunungapi itu.

Bentangan Tanggul Penahan Lahar Dingin/Banjir.

********** Pernah pula dijadikan wahana latihan pasukan TNI di antaranya Kujang 303 yang pernah bermarkas di Kecamatan Tarogong Garut.

Sedangkan beberapa bangunan kokoh terutama untuk penahan lahar dingin dan banjir, termasuk kanal untuk jaringan saluran air diduga kuat dibangun pada era penjajahan Jepang.

Kini berkondisi kian diterlantarkan, sama sekali tak terawat. Bahkan semakin dikepung sangat porak-porandanya lingkungan sekitarnya, akibat ragam aktivitas penambangan pasir dan batu nyaris pada seluruh kawasan lembah kaki gunungapi ini.

Dibangun Kokoh Dengan Perencanaan Matang.

**************** Sehingga sarat bongkahan bekas penggalian yang dipenuhi semak-nelukar, dan ilalang liar.

Menjadikan kawasan tersebut nyaris menyerupai bekas ladang ‘pembantaian’.

Kering-kerontang, terisolir, juga mengesankan terasing dengan ragam bongkahan batu bergerigi tajam memilukan.

Kondisi alam beserta lingkungannya yang rusak parah itu pun, tak lagi ramah untuk dijamah manusia. Selain mungkin hanya menjadi wahana bersemayamnya ular biludak, serta bergentayangannya hantu di kaki pengunungan.

Bekas penggalian Pasir yang Menjadi Banyak Kolam.
Didirikan Pabrik Pencetakan Bata, dan Gorong-gorong Oleh pengusaha dari Tasikmalaya.

*************** “Peningkatan, dan perbaikan penegakan hukum. Salah satu upaya paling efektif menyelamatkan alam beserta seluruh lingkungannya”.

 

*********