“Sijeruk” Garut, Inovasi Aplikasi Penanganan Gawat Darurat

0
16 views
Anjungan Expo Inovasi Sijeruk Garut.

Garut News ( Kamis, 30/11 – 2017 ).

Anjungan Expo Inovasi Sijeruk Garut.

“Sistem Informasi Jejaring Rujukan” (Sijeruk) “Pelayanan Kesehatan” (Yankes) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, merupakan inovasi berbasiskan aplikasi “Sistem Penganan Gawat Darurat Terpadu” (SPGDT).

dr Hj. Marlinda Siti Hana,M.KM.

Sehingga antara lain bisa menurunkan “angka kematian ibu”, dan “angka kematian bayi” (AKI/AKB), lantaran memercepat penentuan rujukan pasien pada rumah sakit milik pemerintah maupun rumah sakit swasta.

Strategi pemetaan penanganan masalah kesehatan tersebut, di antaranya mengintegrasikan seluruh 42 Camat di kabupaten setempat dengan setiap Kepala UPT Puskesmasnya masing-masing, ungkap Kepala Seksi Yankes Rujukan Pada Dinkes Kabupaten Garut, dr Hj. Marlinda Siti Hana, M.KM kepada Garut News, Kamis (30/11-2017).

Detail Sajikan Informasi Sijeruk Kepada Setiap Pengunjung.

Program yang diagendakan peluncurannya ditargetkan pada Juni 2018 mendatang itu, optimis membuahkan hasil maksimal.

“Hanya memerlukan keterpaduan dan kerjasama semua pihak, terutama antar institusi teknis terkait,” ungkapnya di anjungan Expo Inovatif Sijeruk Dinkes Garut.

Karena itu pula, selama tiga hari diselenggarakan workshop strategi pemetaan penanganan masalah kesehatan ini, termasuk mengenai kegawatdaruratan, diikuti setiap seluruh 42 camat beserta enam perwakilan dari SKPD terkait, ujar Marlinda.

Pemanfaatan aplikasi Sijeruk, dipastikan memudahkan pengantaran pasien yang tak lagi harus langsung mendatangi rumah sakit, apakah berkondisi ruang rawat inapnya masih bisa dimanfaatkan, atau sudah penuh.

Pasien yang dirujuk ke rumah sakit pun, tak perlu terlalu lama menginap di ruang “Unit Gawat Darurat” (UGD), melainkan bisa langsung dirujuk pada ruang rawat inap rumah sakit, yang masih kosong.

Karena melalui call center gratis “Public Safety Center 119 Indonesia Garut” bisa mendapatkan manfaat Sijeruk.

dr. Hj. Marlinda Siti Hana, M.KM juga katakan, inovasi ini pula dapat dijadikan wahana edukasi mengenai pemanfaatan ragam piranti komunikasi secara efektif, dan efisien. Sehingga perkembangan informasi dan komunikasi memberikan banyak manfaat, imbuhnya.

Sedangkan program Yankes yang diluncurkan belum lama ini, berupa jasa pelayanan ambulance gratis.

Anjungan Ekpo Inovatif Sijeruk Garut di Gedung Pendopo Kabupaten, sejak dua hari terakhir sedikitnya didatangi 240 pengunjung dari beragam kalangan, mereka sebagian besar sangat mengharapkan program Sijeruk segera diluncurkan.

******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.