Serius Membidik Ungkapan M.A.W. Brouwer

0
120 views

Fotograder : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Selasa, 02/06 – 2015 ).

Seorang Fotografer Serius Membidik Ungkapan Brouwer, Senin (01/06-2015).
Seorang Fotografer Serius Membidik Ungkapan Brouwer, Senin (01/06-2015) Sore.

M.A.W Brouwer, selama ini antara lain dikenal sebagai kolumnis handal sejumlah media cetak Ternama Indonesia. Bahkan nama besarnya juga diabadikan pada gedung laboratorium psikologi milik perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat.

Ungkapannya yang terkenal di antaranya : “Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum”.

Oleh: Try Hariyono

Serius Ngeceng.
Serius Ngeceng.

TIDAK salah jika kolumnis beken, MAW Brouwer, menyebut “alam Parahyangan dibuat Tuhan ketika sedang tersenyum”. Alamnya begitu indah. Keindahan itu, antara lain, terlihat di kawasan Bandung selatan.

Perpaduan pegunungan dan bukit-bukit yang hijau dengan perkebunan teh serta danau berair jernih menjadi panorama yang sangat menawan hati. Keindahan ini masih ditambah lagi dengan suara gemercik air sungai yang membelah berbagai kawasan di Bandung selatan.

bandung23Sangat sayang jika Bandung selatan diabaikan dalam liburan Lebaran mendatang. Selain jaraknya relatif dekat, sekitar 157 kilometer dari Jakarta, obyek wisata yang bisa dinikmati pun sangat beragam.

Peringatan ke-60 KAA Diharapkan Tak Sebatas Hanya Bernostalgia dan Foto Bareng.
Peringatan ke-60 KAA Diharapkan Tak Sebatas Hanya Bernostalgia dan Foto Bareng.

Memang untuk mencapai Bandung selatan, kita akan dihadang dulu oleh kemacetan parah, baik saat keluar melalui Pintu Tol Kopo, Mohammad Toha, maupun Buahbatu. Antrean angkutan kota serta kondisi jalan yang tak terlampau mulus akan cukup menyiksa.

Namun, kondisi itu tak terlampau jauh. Selepas Kecamatan Soreang yang merupakan ibu kota Kabupaten Bandung, panorama indah dan udara segar akan segera bisa dinikmati. Di kiri-kanan jalan bisa dinikmati pemandangan beragam sayuran, mulai dari daun bawang, kol, tomat, hingga tanaman palawija lain.

Mejeng Sejenak.
Mejeng Sejenak.

Di sekitar Soreang menuju arah Ciwidey juga bisa dinikmati wisata memetik stroberi. Pengunjung dipersilakan memetik stroberi dan berat buah yang dipetik akan ditimbang kemudian. Harga sangat terjangkau dan pasti akan memberi kesan tersendiri bagi anak-anak.

Lepas dari Soreang dan memasuki Ciwidey, mata kita akan dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang sangat memesona. Berbeda dengan panorama di Puncak, Bogor, hamparan teh yang bisa dilihat sangat luas dan kondisi perbukitannya sangat beragam.

Di tengah-tengah kawasan ini, kita bisa menikmati pemandian air panas Cimanggu dan Ciwalini. Keduanya memiliki keunikan masing-masing.

bandung20Jika mau menikmati panorama yang herbeda, bisa menikmati Kawah Putih, yakni danau kawah dari Gunung Patuha yang ketinggiannya mencapai 2.334 meter di atas permukaan laut. Uniknya, air danau kawah tersebut sangat putih dan kita bisa bermain-main hingga ke tepi danau kawah.

Selepas dari Kawah Putih atau bermain di pemandian air panas, perjalanan bisa dilanjutkan ke Situ Patengan, sebuah danau alam di kaki gunung. Selain panoramanya sangat indah-dikelilingi perkebunan teh Rancabali-dan udaranya sejuk, juga tersedia perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi danau.

Di kawasan ini juga terdapat kawasan perkemahan Ranca Upas yang di sekitarnya terdapat penangkaran rusa. Namun, jika hari sudah terlampau sore, ada baiknya segera mencari hotel atau cottage sesuai selera karena pada musim-musim tertentu, biasanya pada sore hari, kabut sangat tebal dan jarak pandang terbatas.

Perkebunan Malabar

bandung26Masih di Bandung selatan, tetapi arah herbeda, terdapat perkebunan teh Malabar di Kecamatan Pangalengan. Panorama alamnya sedikit berbeda dengan di kawasan Ciwidey.

Di Pangalengan, di tengah-tengah hamparan perkebunan teh, terdapat beberapa bangunan tua bekas administratur perkebunan teh zaman kolonial Belanda yang masih terawat baik hingga kini. Beberapa bangunan juga dijadikan guest house bagi wisatawan.

Tokoh.
Tokoh.

Di kawasan ini pun terdapat situ atau danau Cileunca yang dikelilingi bukit dengan latar belakang pegunungan yang indah. Terdapat pula pemandian air panas Cibolang yang terletak di kaki Gunung Wayang.

Jangan lupa, cicipi susu segar Pangalengan karena di kawasan ini banyak peternakan sapi perah, bahkan industri susu kemasan. Berbagai makanan yang terbuat dari susu, seperti permen dan tahu susu, juga tersedia dan bisa dijadikan oleh-oleh yang unik.

Pendek kata, banyak keunikan yang bisa dinikmati di Bandung selatan. Tidak salah jika ada yang menyebut, Bandung selatan memiliki keindahan yang tersembunyi.

********

Editor : A. Wisnubrata/Kompas.com