Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Perjalanan

0
57 views
Ilustrasi.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Jum’at, 15/09 – 2017 ).

Ilustrasi.

Seorang ibu penduduk Kampung Cirangkong RT 07/04 Desa Citeras Kecamatan Malangbong Garut, Ilas Lasmini (30) terpaksa melahirkan di dalam kendaraan roda empat jenis carry, Jum’at (15/09-2017), sekitar pukul 12.30 WIB.

Dia melahirkan di tengah perjalanan dari rumahnya menuju rumah bidan. Proses persalinan di atas kendaraan milik tetangganya itu tak sempat ditangani bidan, melainkan oleh keluarga mengantar.

Proses persalinan sangat darurat tersebut, berlangsung lancar. Istri dari Dede Gunawan (35) ini melahirkan anak keduanya berjenis kelamin perempuan dengan selamat.

Pengemudi kendaraan Mamat (47) katakan, keluarga Ilas meminta bantuan mengantar ke rumah bidan untuk menjalani persalinan karena usia kandungan Ilas mendekat waktu melahirkan. Gejala-gejala hendak melahirkan juga dirasakan Ilas.

Tetapi, lanjut Mamat, di tengah perjalanan, Ilas mengeluhkan tak kuat lagi menahan desakan bayi hendak lahir. Mamat pun menepikan kendaraannya, dan membiarkan keluarga mendampingi Ilas membantu proses persalinan. Proses persalinan berlangsung sekitar 15 menit.

“Ibu Ilas tak kuat mau melahirkan. Saya buru-buru menepikan kendaraan. Dibantu keluarganya, Ibu Ilas melahirkan dalam mobil dengan selamat. Bayinya perempuan,” ungkiap Mamat.

Suami Ilas yakni Dede Gunawan ketika peristiwa itu terjadi sedang bekerja keluar Garut.

Setelah proses persalinan dipastikan lancar, Mamat pun melanjutkan perjalanan membawa Ilas dan bayi itu menuju rumah bidan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

********

(NZ).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here