Seni Berbicara Manakala Kata Tak Mampu Menjelaskan

0
101 views
Herman. P. Djajadisastra Bersama Istri Setianya.

Garut News ( Ahad, 07/01 – 2017 ).

Herman. P. Djajadisastra Bersama Istri Setianya.

“Seni Berbicara Makanala Kata – Kata Tak Mampu Menjelaskan,” ungkap Herman. P. Djajadisastra dari Sanggar Ruparupi Art Bandung, yang selama ini konsisten dengan komitmennya menyajikan jasa layanan terbaiknya berupa Painters, Design, dan Ilustrations.

Ungkapan sarat makna, “Art Speaks Where Words Are Unable to Explain” tersebut, selama ini pula menginspirasi seniman ini bisa senantiasa membahagiakan para penerima manfaat ragam produk karya lukisannya, termasuk karikatur diri.

Bisa Menciptakan Kebahagiaan.

Lelaki berpenampilan humanis itu, bersama istrinya yang setia asal Sumatera Utara, menapaki setiap denyut nadi jemari merangkai ragam produk seni lukis pada kanvas di studionya, Kebun Seni 69 Nomor 6 Jalan Taman Sari ITB.

Kepada Garut News, Sabtu (06/01-2018) sore, antara lain katakan kesiapannya menggarap pesanan ragam lukisan diri, maupun keluarga.

Seni, antara lain proses dari manusia, sehingga merupakan sinonim dari ilmu. ini, bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga sesuatu yang diciptakan manusia bernuansakan keindahan.

Produk Seni.

Meski seni sangat sulit dijelaskan dan sulit dinilai. Lantaran masing-masing individu artis memiliki parameter menuntunnya berkarya.

Alexander Baum Garton berpendapat, Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Sedangkan Aristoteles bertutur, Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Kemudian Immanuel Kant mengungkapkan, Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Sedangkan Ki Hajar Dewantara menyatakan, Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.

Kemudian Leo Tolstoy ; Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Sudarmaji ; Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

********

Fotografer : John Doddy Hidayat.

Pelbagai Sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here