Sejarah Iptek 25 April: Pisau Guillotine

0
125 views

Jakarta, Garut News ( Sabtu, 25/04 – 2015 ).

Ilustrasi hukum pancung TKI. TEMPO/Amston Probel.
Ilustrasi hukum pancung TKI. TEMPO/Amston Probel.

Nicolas Jacques Pelletier menjadi orang pertama yang dihukum mati menggunakan pisau “guillotine”. Peristiwa itu terjadi pada 25 April 1792 di masa pemerintahan Raja Louis XV.

Pelletier divonis mati oleh pengadilan Paris karena perampokan dan pembunuhan. Eksekusi dilakukan di luar Hotel De Ville di Place de Greve dan disaksikan warga Paris.

Guillotine, merupakan sebuah alat eksekusi berupa pisau yang dirancang untuk memisahkah atau memenggal leher terhukum.

Alat rancangan dokter Joseph Ignace Guillotin dan seorang insinyur Jerman, Tobias Schmidt masih dipakai di era modern. Tahun 1977 terakhir kali Guillotine dipakai untuk menghukum imigran Turki, Hamida Djandoubi.

Berikut, sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi lainnya yang terjadi pada 25 April:

1874: Penemu radio Guglielmo Marconi lahir. Penerima Nobel tahun 1909 untuk bidang fisika ini juga menemukan telegraf tanpa kabel. Ia meninggal pada 19 Juli 1937.

1960: Kapal selam Triton merampungkan perjalanan pertama mengelilingi bumi. Kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat itu dikomandani Kapten Edward L. Beach.

1983: Wahana penjelajah tak berawak Pioneer 10 memotong orbit Pluto. Pioneer 10 menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mencapai kecepatan tinggi melintasi Tata Surya.

1990: Hubble, sebuh teleskop ruang angkasa pertama dilepaskan di orbit. Pelepasan Hubble ini terlambat lebih tujuh tahun dari waktu yang dijadwalkan.

EVAN | PDAT/Tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here