Sedikitnya 15.692 Pengunjung Mendatangi Taman Satwa Cikembulan

0
155 views
Koleksi Taman Satwa Cikembulan.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Ahad, 16/07 – 2017 ).

Koleksi Taman Satwa Cikembulan.
Koleksi Taman Satwa Cikembulan.

Sedikitnya 15.692 pengunjung mendatangi Taman Satwa Cikembulan Kadungora Garut, Jawa Barat, selain mereka berdatangan dari pelbagai daerah di provinsi ini, juga banyak di antaranya dari luar Pulau Jawa. Bahkan terdapat pula wisatawan mancanegara.

Wahana wisata pendidikan tersebut, kian diserbu belasan ribu pengunjung mulai dewasa, anak-anak hingga balita sejak Hari H Lebaran hingga berakhirnya liburan sekolah, Ahad (16/07-2017) ini.

Berintersksi Dengan Pengunjung.
Berintersksi Dengan Pengunjung.

“Sedangkan total yang berdatangan sepanjang hari ini, Ahad (16/07-2017), terdapat 1.243 pengunjung,” ungkap Asisten Manajer Lembaga Konservasi itu, Willy Ariesta.

Para pengunjung, selain disuguhi atraksi tambahan, suasana kunjungan wisata tersebut semakin meriah sejak “dilepaskandangkan’-nya dua ekor ular sanca kembang atau sanca batik (Python Reticulatus) albino berukuran besar di tengah areal taman bermain. Para pengunjung pun bisa langsung berinteraksi dengan satwa melata yang sudah jinak itu.

Para pengunjung terdiri laki-laki maupun perempuan, sangat antusias memegang ular sanca albino jantan masing-masing berusia sekitar empat tahun itu, mereka berfoto selfie dengan ceria. Meski beberapa di antaranya semula tampak ragu, dan takut mendekatinya.

Keberanian mereka kemudian muncul setelah penjaga satwa ini meyakinkan mereka akan keamanannya.

Singa Jantan Afrika.
Singa Jantan Afrika.

“Ini aman. Selain kita beri makan masing-masing dua ekor kelinci terlebih dahulu, sanca ini juga memang sehari-harinya lebih banyak diam. Tak beringas. Petugas kita juga terus mengawasinya,” imbuh Willy Ariesta, Ahad.

Dikemukakan, pelepasan kedua sanca albino di luar kendang tersebut selain agar ada interaksi dengan pengunjung langsung, juga diharapkan bisa menghilangkan trauma pengunjung terhadap sejumlah hewan melata khususnya ular. Sehingga para pengunjung nantinya dapat lebih mengenali lagi dunia satwa melata