SDN 3 Dano Garut Mendesak Segera Perlukan Jamban

0
48 views
Udeng Suhendar.

“Guna Membangun Karakter Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”

Garut News ( Kamis, 03/05 – 2018 ).

Udeng Suhendar.

SDN Dano 3 di Desa Dano Kecamatan Leles, sekitar 21 km arah barat pusat Kota Garut, Jawa Barat, kini semakin mendesak segera memerlukan jamban yang memadai, guna membangun karakter “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS).

Bisa secepatnya terpenuhi pemenuhan kebutuhan jamban tersebut, selain sangat bermanfaat bagi 278 muridnya. Juga dipastikan berdampak positip pada lingkungan, serta pola hidup bersih dan sehat masyarakat sekitarnya.

Mengawasi Pelaksanaan USBN di SDN Dano 3.

“Sehingga sangat diharapkan terdapatnya bantuan Pemkab kabupaten setempat dalam mewujudkan pembangunan berkarakter itu,”┬áimbuh para orangtua murid termasuk Kepala SDN 3 Dano, Udeng Suhendar, S.Pd.

Dikemukakan Udeng Suhendar, dari 278 muridnya kini terdapat 52 murid di antaranya tengah mengikuti “Ujian Sekolah Berstandar Nasional” (USBN), yang termasuk jumlahnya bisa banyak.

USBN Hari Pertama.

Lantaran pada tahun – tahun sebelumnya, banyak peserta didik yang mengalami “dropout” atau keluar sekolah di tengah jalan, sehingga yang bisa mengikuti ujian akhir di kelas enam jumlahnya hanya bisa dihitung jari.

Karena itu, ragam upaya selama ini gencar dilakukan untuk meningkatkan motivasi masyarakat termasuk para peserta didik, agar mereka memiliki kesadaran mengenai pentingnya pendidikan formal di sekolah.

Peserta USBN SDN Dano 1.

Meski SDN 3 Dano hingga kini hanya dikelola enam guru kelas termasuk Kepala Sekolah, yang selama ini pula merangkap guru mata pelajaran olahraga dan “Pendidikan Agama Islam” (PAI).

Bahkan juga ironisnya, dari keenam guru kelas ini terdapat lima di antaranya masih berstatus honorer, maka hanya Kepala Sekolah yang berstatus Aparatur Sipil Negara atau PNS.

Parah, Kondisi Lintasan Jalan Desa Dano.

Masih menurut Udeng Suhendar, idealnya terdapat enam guru kelas, serta dua guru mata pelajaran, termasuk diperlukannya pembangunan sarana perpustakaan sekolah.

Pengumuman Kelulusan di Kota Garut Masih Kerap Diwarnai Euforia yang Tak Perlu, Kamis (03/05-2018).

Menyusul pengalokasian dana BOS, 20 persen di antaranya dimanfaatkan pengadaan buku penunjang/kurikulum tiga belas, ungkapnya pula ketika ditemui saat melaksanakan pengawasan USBN di SDN Dano 1, Kamis (03/05-2018).

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.