SBH Garut Diedukasi Bisa Mengembangkan ‘Multiple Intelligence’

0
95 views
dr Hariyadi Wibowo, SH, Mars Sangat Detail Presentasikan Kecerdasan Majemuk.
Berlangsung Dialog Maupun Komunikasi Dua Arah yang Dinamis.

“Wujudkan SBH Garut Berpengetahuan, dan Berketerampilan Prima”

Garut News ( Ahad, 04/08 – 2019 ).

Sebanyak 105 Anggota Pramuka ‘Satuan Karya Bakti Husada’ (SBH) Dinkes Kabupaten Garut, mereka diedukasi bisa berkemampuan mengembangkan ‘Multiple Intelligence’ maupun kecerdasan majemuk guna mencapai potensi maksimalnya.

“Mewujudkan kemampuan tersebut, terus-menerus menstimulasi kecerdasan telah ada dan mengakar dalam syaraf terutama dalam otak yang merupakan pusat seluruh aktivitas manusia, sejak janin hingga lanjut usia (lansia)” imbuh dr Hariyadi Wibowo, SH, Mars ketika ditemui Garut News, Ahad (04/08-2019).

Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Garut (tengah).

Sekretariat SBH Kwarnas Pramuka itu sebelumnya sangat detail memaparkan kecerdasan sebagai kemampuan belajar dari pengalaman dan ilmu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Namun indikatornya tidak hanya dinilai dari kecakapan logikanya, melainkan juga bisa dari kesembilan kemampuan sebagai kecerdasan majemuk, ungkap Ketua ‘Ikatan Manager Rumah Sakit’ (IKM) tersebut.

Penyaji Materi dari Dinkes Provinsi Jawa Barat.

Terdiri Kecerdasan Verbal-Linguistik, Logis-Matematis, Spasial-Visual, Kinestetik-Jasmani, Musikal, Intrapersonal, Interpersonal, Naturalis, serta Kecerdasan Eksistensial, ujar dosen luarbiasa Universitas Indonesia ini, serta Dewan Pengawas Yayasan SCAN/Cinta Alam.

Setiap seluruh anggota SBH juga diajak lebih mengasah satu atau beberapa jenis kecerdasan majemuk yang lebih dominan, sehingga bisa mencapai potensi maksimalnya, demikian antara lain sajian materi dari Pengurus ‘Ikatan Dokter Indonesia’ (IDI) juga Unsur MABILAN Cilandak Jakarta ini, pada “Latihan Bersama SBH Tingkat Kabupaten 2019” di Wisma LEC Garut.

“Rumah Sehat dan PHBS”

Hj. Eulis Dahniar.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan kabupaten setempat dr H. Maskut Farid, MM selaku Ketua Mabisaka Bakti Husada saat membuka latihan bersama ini, di antaranya memastikan  Pramuka SBH berkemampuan menjadi percontohan masyarakat beserta lingkungannya.

“Senantiasa berupaya menjadikan lingkungan yang sehat, termasuk senantiasa meningkatkan kualitas ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat’ (PHBS),” imbuhnya pula antara lain.

Sinergitas Tinggi yang Solid Pembina SBH Garut.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Hj. Eulis Dahniar, M.Kes selaku Ketua Pengurus Pimpinan Saka Pramuka Bhakti Husada Tingkat Cabang Garut katakan, 105 peserta perwakilan dari 21 Puskesmas di kabupatennya sebagai konselor.

Mereka dibekali ragam pengetahuan ilmu kesehatan termasuk reproduksi, sehingga berkeakhlian melaksanakan penyuluhan dan bimbingan kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Dikemukakan, kebijakan Saka Pramuka Bhakti Husada Tingkat Cabang Garut Masa Bakti 2018 – 2023, berupa enam Krida.

Mengevaluasi Kemampuan Setiap Peserta.

Meliputi Krida Kesehatan Lingkungan, Bina Gizi, Bina Kesehatan Keluarga, Bina P2P, Bina Obat, serta Krida PHBS.

Mereka dibekali keterampilan bisa masifnya penyelenggaraan “Komunikasi Perubahan Perilaku” (KPP) dengan sasaran pada lingkungan keluarga, dan sekolah yang antara lain bersama mewujudkan sikap keteladanan, imbuh Eulis Dahniar.

Selain itu, juga antara lain melaksanakan pertemuan berkala guna berkoordinasi, pelaksanaan latihan gabungan, peningkatan kapasitas, dan gencarnya menggarap Krida PHBS,

Setiap Perwakilan Peserta Ditugaskan Memproduk Yel..Yel Penyemangat.

Sedangkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat detail pula menjelaskan mengenai kebijakan pusat pembinaan SBH, dan formula komunikasi yang efektif.

Diselenggarakan juga evaluasi peserta sekaligus menyeleksi yang menjadi perwakilan mengikuti olimpiade SBH di tingkat provinsi. Selain itu dijelaskannya peran dan fungsi pembentukan Pangkalan SBH pada setiap Puskesmas.

“Pada gilirannya dapat mewujudkan SBH Pramuka Dinkes Kabupaten Garut yang berpengetahuan, dan berketerampilan Prima,” tandas Eulis Dahniar.

Hadir pada rangkaian helatan tersebut, Ketua Kwarcab Pramuka Garut Ahmad Bajuri, SE, MM, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Yeti Heryati, SKM, MKM serta undangan lainnya.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here