Satpol-PP Garut Terjunkan Ribuan Pasukan Bersama Linmas/Hansip

0
56 views
Kepala Satpol-PP Kabupaten Garut.

“Harus Bangga Jalin Kebersamaan Dengan Masyarakat”

Garut News ( Ahad, 16/07 – 2017 ).

Kepala Satpol-PP Kabupaten Garut.
Kepala Satpol-PP Kabupaten Garut.

“Satuan Polisi Pamong Praja” (Satpol-PP) Kabupaten Garut menerjunkan sedikitnya 1.200 personil pasukan.

Mereka antara lain bersama Linmas/Hansip dipastikan menyemarakan puncak peringatan hari jadi ke-67 lembaga Ketentraman dan Ketertiban Umum Masyarakat, juga Penegak Perda tersebut.

Berlangsung di Ibukota Kecamatan Pameungpeuk, Selasa (18/04-2017).

Yang antara lain pula bakal dihadiri Kepala Satpol-PP Provinsi Jabar, serta para Kepala Satpol-PP se wilayah Priangan.

Dihadiri pula Bupati Garut serta unsur pimpinan daerah, TNI/Polri, serta para pejabat Pemkab/Setda, dan undangan lainnya.

Mlenik Maumeriadi.
Mlenik Maumeriadi.

Puncak peringatan tahun ini pertama kalinya diselenggarakan di ibukota kecamatan, padahal selama ini digelar di ibukota kabupaten.

Tujuannya antara lain meningkatkan kualitas pengenalan masyarakat kecamatan terhadap Satpol-PP dan Linmas, tandas Kepala Satpol-PP kabupaten setempat, Mlenik Maumeriadi, Ahad (16/04-2017).

Sehingga ungkapnya, beragam komponen dan elemen masyarakat luas tak hanya mengetahui tugas pokok dan fungsi Satpol-PP itu sebagai penertib lintasaan  kaki lima, melainkan juga antara lain sebagai penegak peraturan daerah atau Perda.

Karnaval Satpol-PP.
Karnaval Satpol-PP.

Sedangkan dipilihnya Kecamatan pameungpeuk, lantaran sebagai salah-satu sentral lintasan selatan juga berdekatan dengan obyek wisata pesisir pantai.

Karena itu pula, para personil Satpol-PP dari enam wilayah Kecamatan, terdiri dari Kecamatan Cisompet, Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Mekarmukti, serta dari wilayah Kecamatan Caringin beserta pasukan TNI/Polri dari keenam wilayah kecamatan tersebut, dipastikan mengikuti upacara bendera puncak peringatan hari jadi Satpol-PP tahun ini.

Sedangkan rangkaian helatannya dipadukan dengan atraksi seni budaya bernilai adi luhung sebagai produk kearifan masyarakat wilayah Selatan Kabupaten Garut, imbuhnya.

Apel Malam.
Apel Malam.

Di antaranya ditampilkan atraksi seni budaya buhun dari Kampung Adat/tradisional Dukuh berupa Lengser, juga ada debus, sebagai perekat kebersamaan bangga menjadi aparat Satpol-PP yang senantiasa dekat dengan masyarakatnya, ungkap Mlenik Maumeriadi pula.

Apalagi tugas pokok dan fungsi Satpol-PP merupakan urusan wajib, memiliki cakupan maupun ruang lingkup yang luas, maka pada puncak peringatan ini sekaligus diapelkan kendaraan ketentraman dan ketertiban, juga ragam jenis sarana Satpol-PP pada masing-masing kecamatan.

Sekaligus sebagai salah satu upaya mewujudkan kesiapan dan kesigapan menghadapi pesta demokrasi Pilkada, Pileg, juga proses pemilihan kepala desa pada Mei 2017 mendatang.

Siap-siaga.
Siap-siaga.

Yang berlangsung pada sekitar 28 kecamatan dengan 76 desa, dinilai sangat penting mendapatkan upaya serius mewujudkan kondusivitas masyarakat di wilayah desanya masing-masing, tegas Maumeriadi, antara lain menambahkan.

 

“Dirgahayu Satpol-PP, Tetap Jaya Mengemban Tugas Negara”.

 

**********