Sarana Jalan Pangeureunan – Masigit/Kareumbi Diterlantarkan

by

Garut News ( Jum’at, 16/05 – 2014 ).

desa1Kondisi sarana lintasan ruas badan jalan dari Desa Pangeureunan, Kecamatan Balubur Limbangan, Garut, Jawa Barat menuju kawasan hutan wisata Masigit/Kareumbi, hingga kini diterlantarkan.

Sehingga lokasi Masigit/Kareumbi, yang sebagian besar luasan hutannya berada di wilayah Kabupaten Garut, paling mudah diakses, atawa ditempuh dari arah Cicalengka Bandung.

sarana Jalan Tak Memadai.
sarana Jalan Tak Memadai.

Bahkan dari ibukota Kecamatan Balubur Limbangan menuju Desa Pangeureunan pun, kondisi sarana lintasan jalannya juga memprihatinkan.

Diperparah selama ini, tak dilintasi moda angkutan penumpang umum.

Sehingga, juga selama ini pula sangat menghambat mobilitas transfortasi pemasaran beragam jenis produk pertanian tanaman pangan masyarakat petaninya.

Sarana Transfortasi Sangat Memprihatinkan.
Sarana Transfortasi Sangat Memprihatinkan.

Padahal penduduk Desa Pangeureunan, memiliki sentra produksi jagung kering pipilan, serta sayur-mayur, termasuk potensi areal persawahan.

Namun tak memadai ditunjang sarana jalan, yang bisa memerlancar malahan sebenarnya bisa mengembangkan perekonomian mereka.

Pemkab Garut, juga selama ini bisa dinilai abai memerhatikan sarana jalan sangat diperlukan penduduk pedesaan terluar berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten bandung tersebut.

Wajah Sarana Jalan Desa.
Wajah Sarana Jalan Desa.

Sehingga gencarnya promosi potensi industri pariwisata di Kabupaten Garut, ternyata sama sekali tak sebanding ketersediaan beragam infrastrukturnya, termasuk sarana jalan.

 

******

 

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.