Sarana Air Bersih Penuhi Ribuan Penduduk Garumukti

0
54 views
Ede Sukmana.
Potensi Areal Persawahan.

“Maksimal Manfaatkan Penyerapan Dana Desa”

Garut News ( Ahad, 30/06 – 2019 ).

Pembangunan perpipaan sepanjang 4.200 meter setebal tiga inci bersumber dana desa 2019 bernilai Rp340 juta, bisa memenuhi kebutuhan vital sedikitnya 1.750 penduduk Desa Garumukti pada musim kemarau ini.

Kepala Desa Garumukti Kecamatan Pamulihan Garut, Jawa Barat, Ede Sukmana katakan pembangunan perpipaan tersebut diagendakan bisa dinikmati pemanfaatannya paling lambat akhir Juli 2019.

Kepada Garut News, Ahad ( 30/06 – 2019 ), juga mengemukakan sumber airnya diperoleh dari mata air Cisaladah Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan, yang sebelumnya ada komitment bersama antar kedua desa tersebut.

Pemenuhan kebutuhan maksimal air bersih di Desa Garumukti itu, sejak 1980-an sangat didambakan masyarakat, dan kini 29 tahun kemudian bisa dinikmatinya dengan pembangunan perpipaan ini.

Masih menurut Ede Sukmana (44), kini juga gencar digarap pengerjaan pengaspalan pada lintasan ruas badan jalan desa sepanjang 2.200 meter dengan lebar 2,5 meter, dari Kampung Pasirgaru hingga menembus Kampung Cibitung.

Sehingga bisa menghubungkan Desa Garumukti dengan tetangganya Desa Linggarjati, dipastikan dapat memerlancar mobilitas transfortasi hasil pertanian masyarakat di kedua desa.

Pengaspalan tersebut juga bersumber dari dana desa 2019 senilai Rp720 juta, berkonstruksi ‘lapisan penetrasi’ (lapen), yang dilengkapi pula tembok penahan tanah serta drainase pada kiri, dan kanan jalan.

Sedangkan sebelum pengaspalan kondisi jalan desa itu, sangat sulit dilintasi ragam jenis kendaraan. “Bahkan sapi pun sulit melewatinya,” ungkap Ede Sukmana dengan nada canda.

Dijelaskan, pemanfaatan dana desa pada 2020 mendatang direncanakan membangun sarana olahraga berupa ‘indoor’ yang antara lain bisa dimanfaatakan untuk lapangan volly bal, bulu tangkis, serta futsal, dialokasikan bernilai Rp2,3 miliar.

Namun pengerjaannya bakal diselenggarakan dua tahapan, tahapan pertama bangunan yang kini tersedia dirubuhkan lantaran sangat tidak layak kemudian pemasangan pondasi beserta konstruksi bangunan lainnya.

Selanjutnya total penuntasan pembangunannya berikutnya dilaksanakan pada tahap kedua 2021 mendatang.

Diprogramkan pula, pasca 2021 memerkuat permodalan masyarakat terkait upaya konkrit peningkatan ragam sektor ekonomi produktif, tandas Kepala Desa Garumukti, optimis.

“Ragam Unggulan Potensi Desa”

Desa Garumukti terbaring bisu pada areal seluas 3.000 hektare dihuni 4.400 penduduk atau sekitar 1.600 kepala keluarga (KK). mereka tersebar pada enam RW di 26 RT dengan tiga Kedusunan.

Desa ini terletak 58 kilometer arah selatan pusat Kota Garut, tetapi memiliki ragam unggulan yang bernilai ekonomi tinggi.

Di antaranya dari sektor pertanian padi dan kopi jenis Arabika, sumber daya alamnya memiliki banyak potensi wisata alam berupa lima air terjun dengan ketinggian 60 meter lebih.

Malahan memiliki sumber daya tambang emas, yang telah dieksplorasi sejak 1990-an sehinggi direncanakan bakal segera diekploitasi oleh perusahaan pertambangan.

Kemudian potensi seni dan budaya, antara lain debus, seni calung, kacapi suling, serta produk adi luhung kearifan lokal lainnya, demikian dikatakan Ede Sukmana ayah tiga anak.

Terdapat juga investor (PT. Bahktera) yang mengelola sumber daya air untuk “pembangkit listrik tenaga mini mikro hidro” (PLTMH), berkapasitas 5 MWe yang penyalurannya melalui PLN.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here