Santriwati Yadul ‘Ulya Bermuraja’ah di Lembah Sunyi Gunungapi Guntur

0
46 views
Lembah Sunyi Gunungapi Guntur.
Vila Ide Lestari Rancabango.

“Upaya Mengusir Predator Pandemi”

Garutnews ( Selasa, 06/07 – 2021 ).

Bersamaan alam semesta dengan segenap isi, dan penghuninya senantiasa bershalawat, bersujud serta bertasbih kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Lantunan bacaan Alqur’an pun, juga menyelinap kesenyapan gulita malam di  lembah sunyi Gunungapi Guntur.

Sehingga berkemampuan bisa  menembus relung hati lalu melembutkannya. Lantaran,

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Alquran yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk.” (QS Az Zumar 23).

Bahkan Allah SWT menegaskan, Alqur’an adalah obat yang memulihkan, menyembuhkan, dan tentu saja menyehatkan.

“Katakanlah, ‘Alqur’an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Fushshilat 41 : 44).

“Katakanlah, ‘Alqur’an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Fushshilat 41 : 44).

Ibarat rembulan yang menyinari kesunyian malam. Alqur’an adalah sumber keindahan. Obat istimewa dalam menghadapi setiap kepelikan. Tanpanya, kehidupan pun tampak tak keruan. Lewat Alqur’an, RahmatNya didapatkan.

Sehingga sekitar 30 santriwati Ponpes Tahfidz Qur’an Garut khusyu pula bermunajat pada pelaksanaan muraja’ah berjamaah dalam berkegiatan intern penyelenggaraan ‘Qur’anic Camp’ pada Vila Ide Lestari Rancabango di lembah Gunungapi Guntur itu.

Ibarat rembulan yang menyinari kesunyian malam.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, mereka senantiasa mendekatkan diri sekaligus memohon perlindungan Allah SWT, antara lain berdzikir, Tadabur Alam, Sibahah, serta amalan ibadah lainnya sebagai upaya penguatan kualitas prokes dan protokol keimanan.

“Berlangsung selama tiga hari sejak, Senin (05/07-2021), guna membentuk pribadi Qur’ani, dan Mandiri,” imbuh Ustdh. Annisa Nurfauziah yang dikemukakan pula Ustdh. Yuniarti, Ustdh. Ai Siti Rohimah, dan Ustdh. Hania Rizqina Hamzah.

Mereka katakan, setiap seluruh santriwati intens melatih kedisiplinan penerapan manajemen waktu, belajar mandiri berinisiatif belajar memasak setiap kelompoknya, juga berlatih fisik.

Berkegiatan yang Terencana, dan Terukur.

Di antaranya berenang, baris-berbaris, mengawasi dan menjaga lingkungan, serta menuntut ilmu dari para Asatidz.

“Sehingga bisa meng-upgrade diri agar memiliki penguatan kesiapan prima termasuk memasuki semester baru, dalam menghafal maupun muraja’ah,” katanya kepada Garutnews di Vila Ide Lestari Rancabango.

Seusai tuntasnya seluruh rangkaian ‘Qur’anic Camp’ ini, pada tempat sama diagendakan berlanjut kegiatan yang sama pula yang diikuti para satri putra.

Keluarga Besar Pengelola Ponpes Yadul ‘Ulya Garut beserta seluruh santri menyampaikan apresiasi positif, terimakasih yang tulus serta penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Pemilik dan Pengelola Vila Ide Lestari Rancabango.

“Semoga kesempatan dan bantuan yang diberikan selama ini, senantiasa mendapatkan keberkahan serta Ridha Allah SWT, Amien Yaa Rabbal Alamien” 

******

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here