Santri Ponpes Yadul ‘Ulya Diingatkan Manfaat Bersholawat

0
37 views
Ponpes Modern Digital Yadul ' Ulya Panawuan Garut.

Garut News ( Selasa, 05/03 – 2019 ).

Ponpes Modern Digital Yadul ‘ Ulya Panawuan Garut.

Ust. Dadan Suryana mengingatkan manfaat bersholawat kepada para santri Ponpes Modern Digital Yadul Ulya Kampung Panawuan di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, pada pengajian malam mingguan.

Menurut Ibnu Katsir, sholawat dari Allah artinya pemberian rahmat dan kemuliaan. Jika dari malaikat, artinya adalah memohonkan ampunan. Dan jika dari umatnya artinya adalah doa agar beliau dilimpahi rahmat dan kemuliaan.

Pengajian di Ponpes Yadul ‘Ulya.

Imam Nawawi juga menjelaskan, sholawat dari Allah berarti menambah kemuliaan. Ada pula ulama yang menjelaskan Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad artinya Allah memujinya di hadapan malaikat-malaikat-Nya.

Membaca sholawat Nabi memiliki banyak keutamaan. Di antaranya Allah memerintahkan hambaNya untuk bersholawat,  Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan hambaNya untuk bersholawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Kebersamaan Para Santri Ponpes Yadul ‘Ulya.

Allah bersholawat untuk Nabi Muhammad. Berbeda dengan perintah lainnya yang Allah memerintahkan saja, sholawat ini luar biasa. Dia memerintahkan sekaligus melakukannya juga. Sebagaimana surat Al Ahzab ayat 56.

Malaikat bersholawat untuk Nabi Muhammad, para malaikat juga bersholawat untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Yang artinya, malaikat memohonkan ampunan untuk beliau.

Siapa bersholawat satu kali, Allah membalasnya 10 kali. Di antara keutamaan sholawat, siapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad sekali, Allah bersholawat kepadanya 10 kali.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam akan memberikan syafa’at kepada umatnya di akhirat nanti. Siapakah yang paling berhak dengan syafaa itu? Yang paling berhak adalah yang paling banyak bersholawat kepada beliau.

Menjadi orang paling dekat dengan Nabi. Orang yang memerbanyak sholawat juga akan semakin dekat kedudukannya dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Memudahkan terkabulnya doa. Doa memiliki syarat dan adab agar dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antara adab berdoa agar lebih dikabulkan Allah adalah bersholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi waallam.

Bacaan sholawat Nabi banyak macamnya. Ada yang pendek, ada yang panjang. Jadi tidak harus kita membaca sholawat yang panjang-panjang, khususnya jika kita orang awam yang memiliki banyak kesibukan. Bacaan sholawat yang pendek pun bisa kita amalkan.

*******

Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here