Sampah Plastik Bisa Dijadikan Jalan Beraspal Garut

0
24 views
Gun Gun Sukma Utama, ST

“Satu kantong plastik memakan satu detik untuk dibuat, 20 menit dalam penggunaan, dan memakan 100 – 400 tahun untuk terurai secara alamiah”       -(Vital Waste Grafhic 2, Program Lingkungan PBB)-

Garut News ( Jum’at, 16/11 – 2018 ).

Gun Gun Sukma Utama, ST.

Ungkapan tersebut, menunjukan besarnya permasalahan berserakannya limpahan tumpukan limbah plastik, yang kapan dan dimana pun sangat mudah kita temukan termasuk hingga merebak-marak pada hamparan areal persawahan.

Padahal sampah plastik bisa diolah menjadi campuran aspal jalanan berstabilitas sekitar 40% lebih tinggi dibanding aspal biasa.  Sehingga dapat menjadi formula penanganan jenis sampah ‘berbahaya’ tersebut.

Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan pada Bidang Bina Program Dinas   “Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” PUPR) Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST katakan, dirinya kini antara lain “concern” menjajaki studi komparatif peningkatan infrastruktur di kabupatennya.

Di antaranya mengagendakan bakal segera melirik potensi aspal plastik, yang dinilainya berbiaya murah juga kuat dibandingkan membangun jalan berkonstruksi beton.

Apalagi kondisi di Kabupaten Garut, antara lain terkendala rendahnya kualitas bahan konstruksi berupa pasir, sehingga kerap direkomendasikan mendapatkan pasir dari Gunungapi Galunggung Tasikmalaya.

Gun Gun Sukma Utama juga mengemukakan, dengan biaya Rp1,4 juta bisa membangun jalan berlapisan penetrasi (lapen) seluas 20 meter2 beraspal plastik.

Sedangkan pada konstruksi beraspal hotmiX biasa berbiaya Rp1,4 juta itu, hanya bisa melakukan pengaspalan seluas 11 m2.

Karena itu, diperlukan upaya terobosan inovatif pemanfaatan bahan konstruksi, yang ditunjang memadainya peralatan, serta ketersediaan tenaga kerja, imbuh Gun Gun Sukma Utama.

Ilustrasi, Mengesankan Kian Terancam Menjadi “Mangkrak”, Kerap Dijadikan Mangkal Anak-Anak Funk.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here