Sambut Gerhana Matahari Disbudpar Garut Berkoordinasi Lapan

0
11 views

Garut News ( Jum’at, 19/12 – 2014 ).

Mlenik Maumeriadi.
Mlenik Maumeriadi.

Gerhana Matahari total bakal terjadi 9 Maret 2016. Kendati masih 1,5 tahun lagi, Tetapi Kepala “Dinas Kebudayaan dan Pariwisata” (Disbudpar) Kabupaten Garut, Mlenik Maumeriadi berencana segera berkoordinasi dengan “Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional” (Lapan).

Lantaran wilayahnya memiliki “Stasiun Peluncuran Roket” (Staspro) Lapan di Cilauteureun Pameungpeuk, sekitar 96 km arah selatan dari pusat Kota Garut.

Kepada Garut News, Mlenik Maumeriadi, Jum’at (19/12-2014), katakan meski Bengkulu, Palangkaraya, Palu, dan Ternate, menjadi titik terbaik di dunia untuk mengamati gerhana itu.

Namun pihaknya berkoordinasi guna mengetahui apakah memungkinkan bisa terlihat dari pantai Selatan Garut, katanya.

Jika memungkinkan, dipastikan bisa menjaring wisatawan mancanegara, atawa mereka transit dulu di Garut, ungkap Maumeriadi. Dikemukakan, kendala industri pariwisata di daerahnya antara lain kondisi cuaca, masih perlunya promosi yang gencar, juga banyak menyelenggarakan pelatihan guide.Diharapkan masyarakat memiliki sikap sadar wisata, jangan aji mumpung menjual produk komoditi apapun terlalu mahal.Melainkan diharapkan pula banyak memproduk beragam cendera mata, Disbudpar siap bantu mempromosikannya.Agar wisatawan nyaman dan betah berlama-lama di Garut, imbuhnya menyerukan.*********Esay/Foto : John Doddy Hidayat.