Samarang Gencar Berbenah Prioritaskan Penertiban Kebersihan Sampah

0
42 views

Garut News ( Sabtu, 17/01 – 2015 ).

Bambang Hapid, Sabtu (17/01-2015).
Bambang Hapid, Sabtu (17/01-2015).

Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat.

Kini gencar berbenah diri pada pelbagai bidang termasuk penataan beragam kondisi kewilayahan.

Realisasinya terencana dan terukur, bahkan diawali prioritas penertiban serta kebersihan agar terbebas tumpukan juga bisa terbebas dari sampah berserakan.

Camat setempat Drs Bambang Hapid, M.Si katakan, memprioritaskan kebersihan lantaran terkait sangat diperlukannya estetika atawa keindahan, sekaligus menunjang kualitas derajat kesehatan masyarakat.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Sabtu (17/01-2015), Camat mengemukakan pula selain berbasiskan peran serta masyarakat.

Kondisi Inilah, Secara Terencana dan Terukur Bakal Segera Dibenahi.
Kondisi Inilah, Secara Terencana dan Terukur Bakal Segera Dibenahi.

Sebelumnya dibangun pula komunikasi termasuk koordinasi dengan seluruh elemen dan komponen para pemangku “kewajiban”.

Di antaranya menjalin koordinasi dengan jajaran UPTD Pasar Samarang, Pengelola Sub Terminal setempat, “Ikatan Warga Pasar” (Iwapa), dan Dinas LHKP.

Sehingga bisa diwujudkan komitment bersama, berupa permasalahan sampah mendesak kudu segera ditanggulangi, dan dituntaskan hingga pada akar permasalahannya, tandas Bambang Hapid.

Kesemrawutan juga kekumuhan  Ini Bakal Dibenahi dan Dilakukan Penataan.
Kesemrawutan juga kekumuhan Ini Bakal Dibenahi dan Dilakukan Penataan.

Meski selama ini permasalahannya, antara lain tak memadai bahkan tak tersedianya “Tempat Pembuangan sampah Sementara” (TPS).

Kondisi tersebut juga diperparah tak tersedianya sarana pengakutan sampah menuju “Tempat Pembuangan Akhir” (TPA).

Namun melalui jalinan koordinasi, sekarang bisa tersedia sarana kontainer sampah, yang mobilitas pembuangan sampahnya ke TPA Pasir Bajing bakal dilaksanakan secara berswadaya.

Sangat Diperlukan Peran Serta Masyarakat.
Sangat Diperlukan Peran Serta Masyarakat.

Seluruh proses kegiatan itu, diagendakan berlangsung mulai dengan momentum Selasa dan Rabu bersih, tetapi konsisten terus menerus berlangsung maupun berkelanjutan.

Termasuk pula inventarisasi dan penataan kebersihan lintasan drainase pada kiri dan kanan ruas bahu badan jalan, ungkap Camat Samarang.

Sedangkan tahapan berikutnya, juga secara bertahap dan terukur melakukan pembenahan lain, di antaranya pedagang kaki lima, serta pembinaan pemerintahan 13 desa di wilayah kecamatan ini.

Menyusul pada 2015 terdapat sembilan desa di antaranya bakal menyelenggarakan proses pemilihan kepala desa, yang mutlak kudu di tunjang suasana yang tetap kondusif.

Samarang Bakal Dijadikan "Indah, Nyaman, Tertib, Aman, dan Nyaman"
Samarang Bakal Dijadikan “Indah, Nyaman, Tertib, Aman, dan Nyaman”

Sekaligus mengadvokasi setiap seluruh penyelenggaraan pemerintahan desa, dan pembinaan menyusul diberlakukannya Undang-Undang RI Nomor 6/2014 Tentang Desa.

Sebab berdasar produk hukum tersebut, Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan NKRI.

Bambang Hapid sebelumnya selama sekitar 2,5 tahun menjadi Camat Caringin, ratusan kilometer arah selatan dari Pusat Kota Garut.

Kemudian sejak beberapa hari lalu, dilantik menjadi Camat Samarang, dan kini dengan beragam formula serta inovasi kreativitasnya siap membangun wilayah Kecamatan Samarang, melalui banyak pendekatan.

Termasuk pendekatan agama, sosial budaya serta pendekatan hukum dan perundang-undangan berlaku, berbasiskan peran serta seluruh elemen dan komponen masyarakatnya.

*********

Esay/ Foto : John Doddy Hidayat.