RSU Garut Nyaris Tak Miliki Ruang Terbuka Hijau

0
36 views
Bangunan Lawas RSU dr Slamet Ketika Didirikan Dengan Penataan Lingkungan yang Ideal.

Garut News ( Senin, 06/11 – 2017 ).

Bangunan Lawas RSU dr Slamet Ketika Didirikan Dengan Penataan Lingkungan yang Ideal.

*********** Komplek dalam RSU dr Slamet Garut, Jawa Barat, nyaris tak memiliki ruang terbuka hijau. Lantaran semakin banyaknya pendirian bangunan baru berlantai dua yang semakin diperparah hingar-bingarnya para penunggu pasien rawat inap.

Sehingga meski memiliki banyak ruang dan bangunan baru bergaya modern, tetapi tak didukung lapangnya nuansa lingkungan yang sebenarnya bisa membantu proses penyembuhan pasien menjalani proses pengobatan rawat inap.

Demikian dikemukakan beberapa pengguna jasa rumah sakit tersebut, termasuk Yadiyana (36) yang mengaku sempat dirawat inap selama lima hari dan kini bisa kembali pulang ke Cikajang, katanya, Senin (06/11-2017).

Bangunan Heubeul RSU dr Slamet Lebih Bernuansakan Lingkungan.

********** Dikemukakan, rumah sakit daerah ini hanya memiliki ruang terbuka hijau memadai di depan pagar halaman parkirnya namun berupa pertamanan yang didirikan monumen, sedangkan di dalam komplek rumah sakitnya berkondisi semrawut.

Bahkan pola perparkiran seputar rumah sakit pun juga semrawut, sehingga banyak kendaraan mangkal yang meluber ke lapangan Paris, serta lahan kosong di depan UTD PMI, katanya.

Padahal idealnya, rumah sakit memiliki kondisi lingkungan yang juga menyehatkan tak seperti selama ini, dikepung pula oleh para pedagang kaki lima yang semakin sarat membuka lapak dimana-mana termasuk di pinggiran ruas Jalan Pembangunan.

Kendati dilebarkan dan menjadi lintasan satu arah, namun para PKL menempati badan jalan dengan kondisi trotoar baru yang tak bisa leluasa dilintasi pejalan kaki, mengakibatkan para pejalan kaki pun menapaki badan jalan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.