Rosad Tunjukan Manfaat Binahong

0
6 views
Rosad, Anggota Pengurus Kabupaten Garut Sehat.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 18/09 – 2017 ).

Rosad, Anggota Pengurus Kabupaten Garut Sehat.

Binahong selama ini banyak dikenal dengan nama Gondola di Indonesia. Daunnya bernama latin Bassela Rubra Linn.. Memiliki bentuk daun melengkung dengan bentuk bagian yang dekat dengan batang menyerupai hati. Tanaman satu ini bisa hidup di manapun. Pada dataran rendah, juga dataran tinggi.

Tanaman satu ini lumrah ditemukan di Cina, Madagaskar, dan Korea. Demikian pula dengan Indonesia. Daun binahong punya dua manfaat besar bagi tubuh manusia. Daun binahong dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat kecantikan dan juga kesehatan.

Lantaran memiliki protein tinggi, anti mikroba, saponis, asam arkobat, dan total fenol. 

Khasiat daun binahong dapat merontokkan (menghilangkan) jerawat. Termasuk jerawat batu dan membandel yang suka memerah dan menyebabkan bopeng di wajah.

Ragam penyakit diatasi dengan manfaat daun binahong, seperti: lemah syahwat, ambeien berdarah, batuk darah, muntah darah, kencing manis, darah rendah, penyakit paru-paru, luka borok, kencing manis, diabetes, luka borok, patah tulang, gatal-gatal, eksim kulit, radang ginjal, disentri, gegar otak berat dan tingan, menghangatkan tubuh.

Juga mimisan, menambah nafsu makan, membuat lancar menstruasi, gusi berdarah, meningkatkan imunitas tubuh, rematik, luka bakar, memar, maag, tipes, luka parut, sakit pinggang, kecelakaan, pembengkakan jantung, pegal linu, stress, pembekuan darah, pembengkakan liver, dan mencegah stroke.

 

********

Pelbagai Sumber.