RGHB Mantapkan Penguatan Ekonomi Kerakyatan/Optimalisasi Pelayanan Publik

0
110 views
Deklarasi Damai, Siap Menang, dan Siap Kalah.

Garut News ( kamis, 15/02 – 2018 ).

Deklarasi Damai, Siap Menang, dan Siap Kalah.

Prioritas program unggulan ‘Pasangan calon’ (paslon) nomor urut 1 Bupati dan Wakil Bupati Garut, “Rudy Gunawan bersama Helmi Budiman” (RGHB) untuk lima tahun mendatang…?

Di antaranya, lebih maksimal memantapkan kualitas “Penguatan Ekonomi Kerakyatan Serta Optimalisasi Pelayanan Publik Ditunjang Pemantapan Infrastruktur Guna Mencapai Garut Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera”

Penandatanganan Deklarasi Damai Oleh Masing-masing Paslon.

Demikian dikemukakan dr H. Helmi Budiman kepada Garut News seusai mengikuti “Deklarasi Pilkada Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut Tahun 2018” bersama tiga paslon lainnya di Mapolres setempat, Kamis (15/02-2018).

Garut News ; Apa sih yang selama ini paling anda banggakan?

Foto Bersama Seluruh Empat Paslon.

Helmi Budiman ; antara lain, saya bersama Bupati Rudy Gunawan menyelenggarakan pembangunan rehabilitasi banyak gedung ‘Pusat Kesehatan Masyarakat’ (Puskesmas) sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Garut News ; Target apa yang bakal diraih?

Helmi Budiman ; Terwujudnya SDM masyarakat Garut yang sehat, dan produktif, melalui optimalisasi Pelayanan Publik.

Garut News ; Sektor pendidikannya bagaimana?

Semarak Dukungan Paslon.

Helmi Budiman ; dari totalitas volume APBD 2017 bernilai Rp4.651.090.960.780,- justru pengalokasian dananya yang paling besar pada sektor pendidikan 36,15 persen sehingga mencapai Rp1.681.487.963.259,-

Garut News ; apa formula kalian (Rudy dan Helmi) pada penguatan ekonomi kerakyatan?

Helmi Budiman ; ditingkatkannya kualitas sistem ekonomi berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat, sebagai kegiatan ekonomi atau usaha dilakukan rakyat kebanyakan (popular) dengan secara swadaya mengelola ragam sumberdaya ekonomi pun yang bisa mereka geluti.

Sebagai tata ekonomi bisa menjamin pertumbuhan output secara mantap yang sumber daya ekonominya digunakan memproduksi jasa dan barang pada tingkat pareto optimum, atau tingkat penggunaan faktor-faktor produksi secara maksimal dan tak ada faktor produksi yang nganggur atau “idle”.

Garut News : bagaimana dengan faktor penunjangnya?

Helmi Budiman : melanjutkan Pemantapan Infrastruktur Guna Mencapai Garut Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera.

Sebab infrastruktur itu, penunjang kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistem struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik, dan sektor privat.

Bahkan sebagai layanan dan fasilitas diperlukan, agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik.

“Dibagi Empat Zona”

Deklarasi Berlangsung Kondusif.

Disepakatinya pelaksanaan kampanye masing-masing paslon Pilbup Garut maupun Pilgub Jabar di wilayah Kabupaten Garut dibagi atas empat zona/wilayah kampanye.

Zona 1 (satu) meliputi Kecamatan Pamulihan, Pakenjeng, Bungbulang, Cisewu, Talegong, Cisompet, Cibalong, Pameungpeuk, Ciikelet, Mekarmukti, dan Kecamatan Caringin.

Zona 2 (dua) meliputi Kecamatan Bayongbong, Sukaresmi, Cisurupan, Cigedug, Cikajang, Banjarwangi, Singajaya, Peundeuy, Cihurip, Samarang, dan Kecamatan Pasirwangi.

Zona 3 (tiga) meliputi Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Cilawu, Karangpawitan, Sucinaraja, Wanaraja, Pangatikan, Sukawening, dan Kecamatan Karangtengah.

Zona 4 (empat) meliputi Kecamatan Banyuresmi, Leles, Kadungora, Leuwigoong, Cibiuk, Balubur Limbangan, Selaawi, Kersamanah, Cibatu, dan Kecamatan Malangbong.

“Pembagian zona wilayah ini memudahkan setiap paslon memilih lokasi dan jadwal kampanye. Sehingga masing-masing mendapat giliran secara adil. Ini juga hasil kesepakatan dengan masing-masing tim kampanye,” kata Sekretaris KPU Garut Ayi Dudi Supriadi didampingi Kepala Sub Bagian Hukum, Dudung Dzulkifli.

Sedangkan lokasi untuk pelaksanaan kampanye rapat maupun lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK), ditetapkan dengan Putusan KPU Garut Nomor 77/PP.02.3-kpt/3205/KPU-kab/II/2018 dengan merujuk pada usulan Pemkab Garut sebelumnya.

Dikatakan, kampanye rapat umum bagi para paslon Pilbup Garut maupun Pilgub Jabar 2018 bisa dilaksanakan di pelbagai tempat terbuka tersebar pada134 desa/kelurahan di 40 kecamatan dari 42 kecamatan se Kabupaten Garut.

Lokasi kampanye rapat terbuka tersebut kebanyakan berupa alun-alun, lapang sepakbola, dan lapang terbuka. Juga ada berupa lapangan perumahan, dan tanah kosong.

“Dari Kecamatan Banyuresmi, dan Kecamatan Sucinaraja tak muncul usulan lapangan akan digunakan kampanye rapat terbuka. Mungkin di kedua wilayah ini tak ada lapangan cukup memadai,” ungkap Dudung.

Pada rapat tersebut juga dikemukakan mengenai lokasi pemasangan APK yang sudah ditentukan titik-titiknya di setiap desa/kecamatan, katanya.

**********

JDH, NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here