RGHB Anjurkan Segera Mediasi Penanggulangan Longsor Sukanegla

0
46 views
Longsor Sukanegla.

Garut News ( Kamis, 08/03 – 2018 ).

Longsor Sukanegla.

“Rudy Gunawan dan Helmi Budiman” (RGHB) menganjurkan unsur pemerintahan kecamatan beserta kelurahan, agar segera dengan secepatnya memediasi upaya penanggulangan tebing longsor di Sukanegla Kecamatan Garut Kota.

RGHB. Ilustrasi.

Lantaran bencana terjadi, Rabu (07/03-2018) sekitar Pukul 14.00 WIB tersebut, menggerus rumah milik ‘pasangan suami – istri’ (pasutri) Yadi (42) dan Ny. Komala(54) di Kampung Pakuwon RT.06/01 Kelurahan Sukanegla.

Mereka terpaksa masih mengungsi pada rumah saudara terdekat, sebab sangat takut terjadi bencana susulan jika diguyur hujan lebat, akibat selokan di belakang rumah bisa kembali mengabrukan tebing.

Rusak Parah.

“Saya anjurkan digelar musyawarah sekaligus dimediasi dengan sebaik mungkin, supaya pemilik tanah yang bertebing curam itu, dapat mengijinkan dilakukan penataannya,” imbuh Helmi Budiman kepada Garut News, Kamis (08/03-2018).

Camat Garut Kota, Bambang Hapid katakan telah menjalin koordinasi dengan Muspika juga Lurah Sukanegla untuk memediasi upaya penanggulangan korban bencana, supaya korban bisa segera menempati rumah berkondisi aman, dan nyaman.

Terancam Bencana Susulan.

Termasuk memediasi penanggulangan tanah longsor di Kampung Burujul Sukanegla yang terjadi pekan lalu, juga berlangsung pada tebing tanah milik masyarakat.

Ny. Komala menyatakan, ingin segera kembali menempati rumah panggungnya berukuran sekitar 35 m2, termasuk dapat kembali memelihara dua ekor sapi yang kandangnya porak – poranda tertimbun longsoran tanah tebing.

Ny. Komala.

Namun ungkapnya, yang perlu segera diutamakan memerbaiki kondisi tebing curam, kemudian memerbaiki rumahnya.

“Jika tebing curam tak dilakukan perbaikan maupun pembenahan, dipastikan bakal terjadi bencana susulan yang juga mengancam rumah penduduk lainnya,” ungkap Ny. Komala yang mengaku pula peristiwa serupa terjadi yang ketiga kalinya.

Camat Garut Kota.

Kepala Seksi Pemerintahan pada Kelurahan Sukanegla, Asep Tatang menyatakan unsur pemerintahan setempat segera merealisasikan anjuran RGHB, di antaranya menghubungi pemilik tanah pada dua titik lokasi rawan longsor, memediasi serta secepatnya bisa dilakukan perbaikan lingkungan, ujarnya.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.