Refleksi Empat Tahun Kinerja Pemda Garut, “Biasa Saja”

0
40 views
Pelajar Islam Indonesia (PII), yang Juga Komunitas Sasak Kopi Garut.

Garut News ( Selasa, 07/11 – 2017 ).

Pelajar Islam Indonesia (PII), yang Juga Komunitas Sasak Kopi Garut.

********* Merefkesi empat tahun kinerja Pemda Garut dinilai “biasa-biasa saja”, bahkan “greget” nya nyaris tak terdengar pada upaya nyata yang permanen, dan menyeluruh memberdayakan sektor riel perekonomian produktif masyarakat.

Demikian dikemukakan Rifqi Lukmanhakim dikenal dengan panggilan Boxer, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Persis kepada Garut News di gedung Islamic Center, Selasa (07/11-2017).

Komunitas Sasak Kopi Garut tersebut, juga antara lain katakan kecenderungan aroma kinerja pemerintahannya hanya sebatas memenuhi kewajiban.

Nyanyikan Lagu “Padamu Negeri”

Ungkapan senada dikemukakan pula Dendi Riyadi, sarjana managemen komunikasi itu menambahkan pendapatnya, kurang diberdayakannya potensi masyarakat selama ini terindikasi dari sikap aparat yang umumnya merangkul para pelaku usaha yang sudah jadi.

Padahal idealnya pembinaan dari pemerintah daerah bisa dilakukan sejak kalangan pengusaha masih merangkak atau dari embrionya, kemudian dilakukan pendampingan hingga menembus pangsa pasar produktivitas mereka.

Biasa – Biasa Saja.

********** Ketua “Gerakan Pemuda Tani Indonesia” (Gempita) kabupaten setempat tersebut, mengemukakan upaya peningkatan ekonomi makro juga hendaknya tak hanya sebatas memasok bantuan, melainkan senantiasa ikut serta menjaga kondusivitas rantai dagang maupun pemasaran produk.

Sejak dari hulu hingga hilir, hendaknya pula bisa mendapatkan pengawalan pemerintah daerah agar setiap seluruh proses produksi bahan baku hingga bahan jadi tetap melibatkan masyarakat lokal sebagai pelaku usaha.

Dikatakan, budi daya jagung dan kopi yang bakal dikembangkannya mulai 2018 mendatang, dipastikan membuahkan hasil maksimal jika mendapatkan dukungan pemerintah daerah secara terencana, dan terukur, imbuhnya.

Sedangkan kalangan mahasiswa lainnya, antara lain tandas bahkan lantang memertanyakan sejauhmana realisasi delapan janji politik Bupati, dan Wakil Bupati Garut….?

Tiga staf akhli yang menghadiri helatan itu pun, bergantian mempresentasikan ragam program yang kini gencar dilaksanakan, katanya.

Walahualam bi Sawab.

**********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.