Realisasi Periodisasi Kepsek Garut Tergantung Konsistensi Bupati

0
73 views

Garut News ( Rabu, 11/02 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Terdapat ratusan kepala sekolah setingkat SD, SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Garut bakal segera diganti, atawa dimutasi, Februari ini.

Lantaran diberlakukannya periodisasi kepala sekolah sesuai Permendiknas Nomor 28/2010, dan Perda Kabupaten Garut Nomor 11/2011.

Apakah bupati konsisten merealisasikannya, walauhualam bi sawab, ungkap sejumlah sumber.

Menyusul selama ini banyak kepala sekolah tak juga diganti atawa dikembalikan menjadi guru meski menjabat lebih dari dua periode, maupun delapan tahun lebih.

Bupati Rudy Gunawan belum lama ini, katanya menyadari banyak kepala sekolah tak pernah berpindah tugas, melainkan tetap bertugas di sekolah sama dalam jangka waktu lama.

Karena itu, dia pernah menegaskan segera melakukan penggantian dan mutasi kepala sekolah, Februari ini, katanya pula.

Periodisasi dilaksanakan setelah menerima laporan hasil evaluasi Disdik, dan menunggu kesiapan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan.

Calon kepala sekolah bisa diangkat jika dinilai memiliki kemampuan dan memenuhi semua persyaratan sesuai ketentuan.

Termasuk memiliki keterangan lulus penilaian, sertifikat kepala sekolah atau madrasah dikeluarkan lembaga penyelenggara, dan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) dikeluarkan Kemendiknas, atau lembaga ditunjuk, kata bupati.

Kepala BKPP Asep Sulaeman Farouq juga menambahkan, pelantikan kepala sekolah di lingkungan Disdik Garut direncanakan pertengahan bulan ini.

Menurutnya, terdapat ratusan kepala sekolah dilantik. Termasuk pelantikan 57 calon kepala sekolah masing-masing SMP sebelumnya lama mengalami kekosongan.

“Pergantian atau pelantikan para calon kepala sekolah ini tentunya yang sudah mengikuti diklat di Solo dan memiliki sertifikat. Ini sesuai Permendiknas dan perda terkait pengangkatan kepala sekolah,” ungkapnya, Selasa (10/02-2015).

Kepala Disdik Mahmud katakan, periodisasi kepala sekolah tak harus selalu diartikan pergantian jabatan. Sebab periodisasi hanyalah salah satu ukuran penilaian masa tugas seorang guru diangkat menjadi kepala sekolah.

Sedangkan pengangkatan guru menjadi kepala sekolah maupun pemberhentian dari jabatannya lebih bergantung pada kinerja guru itu sendiri.

Jadi, periodisasi itu bukan berarti empat, delapan atau dua belas tahun, meski memang mengacu ke sana, Kita kan punya penilaian kinerja, kata dia.

*******

Noel, Jdh.