Ratusan Penduduk Garut Diduga Keracunan Makanan

0
43 views
Sayur Mayur Segar. Ilustrasi. (Foto: John Doddy Hidayat).

Garut News ( Rabu, 07/03 – 2018 ).

Sayur Mayur Segar. Ilustrasi. (Foto: John Doddy Hidayat).

Terdapat sedikitnya 126 penduduk di Kampung Rancamaya Desa Sakawayana Malangbong Garut, Jawa Barat, sangat diduga kuat mengalami keracunan paskamenyantap hidangkan dari sebuah keluarga warga setempat yang hajatan pernikahan, Selasa (06/03-2018).

Mereka menjadi muntah-muntah, pusing disertai perut sangat melilit. Sehingga terpaksa 46 di antaranya dibawa, dan dirawat di Puskesmas Malangbong, kemudian 80 dirawat di Balai Desa Sakawayana. Mereka terdiri beragam kalangan usia, dan jenis kelamin.

Warga korban mulai merasakan gejala muntah-muntah, pusing disertai perut melilit sekitar pukul 15.00 WIB. Yang langsung mendapatkan tindakan pertolongan dengan diberikan cairan infus, dan obat-obatan.

Akibat kapasitas ruangan tak memadai, warga juga terpaksa dirawat di lorong-lorong bahkan di atas bangku ruang tunggu pasien. Diperkirakan jumlah warga korban bertambah.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Asep Sani Sulaeman katakan, kejadian menimpa ratusan warga Kampung Rancamaya diduga mengalami keracunan makanan.

Pihak Dinkes melalui petugas di Puskesmas Malangbong berupaya melakukan pendataan, dan memberi pertolongan terhadap para korban. Termasuk pengambilan sampel makanan diduga menjadi penyebab, katanya.

********

NZ,JDH.