Ratusan Hektare Sawah di Garut Diranggas Kekeringan

by
Kering Kerontang.

Fotografer : John  Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 20/09 – 2017 ).

Kering Kerontang.

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Garut menyiagakan “pasukan” Unit Layanan Terpadu Agrobisnis (ULTA), dan Brigade Mesin Pompa yang selalu siap turun ke lapangan.

Dilengkapi sekitar 45 unit mesin pompa, pipa, dan selang air, berikut para tenaga teknisnya.

“ULTA, dan Brigade Pompa ini kita siagakan tak hanya menangani kekeringan seperti sekarang, namun juga disiapkan menangani setiap Bencana Alam, longsor, dan banjir, maupun ketika terjadi eksplosif hama. Sehingga, kita juga siapkan power sprayer, cadangan benih, dan obat-obatan. Sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik, khususnya bagi kalangan petani,” ungkap Pelaksana Teknis Kepala Dinas Pertanian, Beni Yoga, Selasa (19/09-2017).

Dikatakan, pihaknya pun melakukan simulasi penanganan kekeringan pada sejumlah kecamatan. Antara lain Kecamatan Tarogong Kidul, Garut Kota, Peundeuy, dan Leuwigoong.

“Ternyata itu sangat ditunggu-tunggu petani. Dan kita segera simulasikan di Kecamatan Pamulihan, dan Kecamatan Singajaya,” katanya.

Dikemukakan, penanganan kekeringan terutama difokuskan pada lahan pertanian/sawah tergolong masih terancam kekeringan, atau mengalami kekeringan ringan, dan kekeringan sedang. Asalkan, di sekitarnya masih terdapat sumber air untuk disedot, dan dialirkan ke areal sawah bersangkutan.

“Di beberapa lokasi, kita mengimbau petani melakukan rotasi, atau percepatan olah tanah menghadapi persiapan musim hujan. Di lokasi lainnya, sebelum musim kemarau, dianjurkan melakukan percepatan tanam,” katanya pula.

Diharapkan cara seperti itu, kegagalan panen mengancam petani akibat kekeringan bisa dihindari. Atau kerugian diderita petani dapat diminimalisasi.

Disebutkan, hingga per 15 September 2017, lahan sawah kekeringan hingga puso tersebar di sejumlah lokasi di Kabupaten Garut mencapai seluas 68 hektare.

Sedangkan lahan sawah mengalami kekeringan berat mencapai seluas 103 hektare, kekeringan sedang 88 hektare, dan kekeringan ringan 447 hektare. Terdapat pula lahan sawah terancam kekeringan seluas 1.554 hektare.

********

(NZ).