Ragam Geliat Kemanusiaan PMI Garut Terbelenggu Keterbatasan

0
52 views
Totalitas Tanpa Batas Untuk Kemanusiaan.

“Senantiasa Eksis Meski Ditunjang Anggaran Cekak”

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 19/09 – 2016 ).

Totalitas Tanpa Batas Untuk Kemanusiaan.
Totalitas Tanpa Batas Untuk Kemanusiaan.

Ragam geliat kemanusiaan yang selama ini diemban setiap seluruh jajaran Keluarga Besar “Palang Merah Indonesia” (PMI) Kabupaten Garut.

Ternyata masih terbelenggu pelbagai keterbatasan inprastruktur atawa sarana-prasarana penunjangnya.

Termasuk kondisi pemenuhan kebutuhan anggaran yang “cekak”, meski senantiasa berupaya maksimal tetap eksis dengan “Totalitas Tanpa Batas Untuk Kemanusiaan”.

Telisik investigasi reportase Tim Liputan Garut News juga menunjukan, denyut nadi profesionalisme para praktisi kemanusiaan berbasiskan institusi tersebut, masih timpang dengan minimnya daya dukung dari para “pemangku kewajiban” di lingkungan Pemkab/Setda setempat.

Agus Heryanto, Sosok Inovator, Pekerja Keras, Dengan Pengalaman Panjang Melintasi Dimensi Ruang, dan Waktu.
Agus Heryanto, Sosok Inovator, Pekerja Keras, Dengan Pengalaman Panjang Melintasi Dimensi Ruang, dan Waktu.

Sehingga pada momentum hari jadi ke-71 PMI Kabupaten Garut, 17 September 2016 ini, antara lain masih pula dihadapkan pada belum terpenuhinya kebutuhan darah yang setiap bulannya mencapai berkisar 1.700 hingga 2.000 labu per bulan.

Sedangkan beragam penyelenggaraan donor darah dilaksanakan selama ini, bisa terealisasi hanya pada kisaran 1.200 labu darah setiap bulannya.

Kondisi itu, juga di antaranya kian diperparah masih minimnya bantuan sarana mobilitas dari Pemkab, jika dibandingkan institusi lain bisa dengan mudahnya mendapatkan bantuan mobil operasional.

Padahal pada peringatan hari jadinya ke-71, PMI mengusung tematik “PMI dari Generasi ke Generasi”.

“Bangun Jejaring Kebersamaan”

Berulangkali didesak pertanyaan Garut News, Kepala Markas PMI Kabupaten Garut juga Ketua Panitia HUT PMI tahun ini, Agus Heryanto, M.Si katakan, selama ini upaya penanggulangan kekurangan pemenuhan darah dengan membangun jejaring kebersamaan dengan PMI di kabupaten lainnya.

Pemberi Motivasi Bagi Kalangan Muda.
Pemberi Motivasi Bagi Kalangan Muda.

Bahkan dengan PMI DKI Jakarta, termasuk kerap mendapatkan darah dari lingkungan Kampus UKI, serta dari beberapa kementerian.

Namun sebelumnya dijalin koordinasi agar donor darah yang bisa diperoleh bisa mencapai minimal 300 labu, guna mengimbangi besarnya akomodasi mobilitas operasionalnya dengan pro aktif “menjemput bola” dari Garut, katanya.

Dikemukakan Agus Heryanto, pada 17 September 2016 terselenggara puncak peringatan ke-71 PMI di pelataran Markas PMI Jalan Proklamasi Garut, kendati berlangsung dalam cuaca kelabu yang diwarnai hujan gerimis, dengan Inspektur Upacara Ketua PMI kabupaten setempat, H. Budiman, SE, M.Si, MM.

Agus Heryanto, Agus Lestyawan Bersama Delegasi Asal New Zealand.
Agus Heryanto, Agus Lestyawan Bersama Delegasi Asal New Zealand.

Sekaligus antara lain digelar atraksi pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas, berupa simulasi puluhan personil “Palang Merah Remaja” (PMR) SMKN 2 Garut, juga atraksi senam tongkat, juga ragam atraksi lain kemanusiaan.

Kemudian pada Senin (19/09-2016), berlangsung Pencanangan “Bulan Dana PMI” oleh Bupati Rudy Gunawan pada apel gabungan di halaman Setda di antaranya diikuti ribuan PNS, dilanjutkan penyelenggaraan donor darah.

Sedangkan pada Bulan Dana PMI 2016 ditargetkan bisa mencapai Rp350 juta, target serupa sama dengan tahun lalu tetapi terealisasi dibawah 90 persen.

Masih dikatakan Agus Heryanto, pada 24 September 2016 berlangsung pula lomba pertolongan pertama pada kecelakaan, lomba tandu, desain poster, serta lomba pembuatan ceritera pendek tentang PMI berbasiskan kemanusiaan, diikuti kalangan PMR di Markas PMI Kabupaten Garut.

Berlatih dan Terus Berlatih.
Berlatih dan Terus Berlatih.

Disusul 25 September 2016 berlangsung jalan sehat dengan peserta kalangan pelajar SMP, SMA, SMK, MA serta kalangan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi setempat.

Pelbagai penyelenggaraan kegiatan tersebut, terselenggara dengan kemandirian pemenuhan kebutuhan dananya, meski tergopoh-gopoh berupaya memenuhinya.

Selama ini pun, PMI Kabupaten Garut pro aktif memberikan ragam bantuan kemanusiaan pada setiap penduduk yang segera mendesak memerlukan bantuan di lokasi terjadinya peristiwa bencana alam.

Sehingga sangat diharapkan agar masyarakat kabupaten ini, bisa ikut serta berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Bulan Dana PMI, meski sukarela namun dengan itikad yang baik, dipastikan bernilai ibadah.

Selain itu, diharapkan masyarakat pun lebih banyak lagi memiliki kesadaran tinggi untuk mendonorkan darahnya, menyusul setiap tetes darah yang didonorkan sangat bernilai tak terhingga guna menyelamatkan jiwa sesama manusia, imbuh Agus Heryanto, antara lain menambahkan.

 

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here