Puskesmas Siliwangi Tetap Eksis Meski Bersarana Minimalis

0
286 views

“Tersedia Jasa Layanan Klinik Mawar, Sumber Daya Pendeteksi HIV/AIDS”

Oleh : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Sabtu, 21/02 – 2015 ).

Puskesmas Siliwangi Garut.
Puskesmas Siliwangi Garut.

Setiap seluruh praktisi kesehatan pengelola Puskesmas Siliwangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tetap eksis memberikan jasa layanan kesehatan, meski bersarana minimalis.

Bersarana minimalis, menyusul gedung beserta beragam fasilitas penunjang lainnya, kian tak memadai.

Lantaran semakin terdesak semarak-maraknya hingar bingar, serta kepungan kemacetan jantung Kota Garut.

Sumpeg.
Sumpeg.

Sehingga sarana kesehatan yang bertengger pada lintasan Jalan Siliwangi tersebut, nyaris menyerupai “setitik noktah di tengah wajah kota kerap sarat kesemrawutan”.

Sedangkan komplek bangunan produk peninggalan zaman “baheula” atawa Belanda itu, tak sejengkal pun memiliki ruang terbuka hijau, apalagi lahan parkir.

Meski rata-rata kunjungan rawat jalan setiap hari sedikitnya mencapai 400 pasien, yang selama ini selain diberikan jasa layanan “kuratif”, juga ditherafi dengan konsistensi komitmen upaya memberikan jasa layanan terbaik.

Digerus Hingar Bingar Juga Dikepung Kemacetan Mobilitas Perkotaan.
Digerus Hingar Bingar Juga Dikepung Kemacetan Mobilitas Perkotaan.

Sebab jika hanya mengandalkan kondisi sarana yang tak memadai ini, dipastikan tak bisa diharapkan suasana sekitarnya dapat memberikan inspirasi meningkatkan motivasi kesembuhan pasien.

Karena keberadaan Puskesmas, idealnya sebuah “oase” di tengah gerahnya denyut nadi kehidupan komunitas perkotaan.

Sehingga siapapun pasien berkunjung, bisa terbantu mendapatkan therafi kesembuhan dari aroma nuansa senyapnya lingkungan sekitar wahana kesehatan ini.

Karena itu, rehabilitasi penambahan bangunan ke arah belakang, barangkali salah satu solusi yang segera sangat mendesak bisa terealisasi.

Lorong Puskesmas.
Lorong Puskesmas.

Atawa Pusekesmas ini dipindahkan pada lokasi lain, yang tak terlalu jauh dari bangunan tersedia sekarang.

Bahkan “Tersedianya Jasa Layanan Klinik Mawar, Sebagai Sumber Daya Pendeteksi HIV/Aids”, mendesak pula segera terdapat penambahan bangunan khusus.

Lantaran para petugasnya pun sangat memerlukan jaminan keamanan dari paparan penyakit.

Menyusul sumber daya manusia selama ini mengelola Puskesmas Siliwangi tersebut, mereka adalah aset daerah juga aset bangsa.

Dedikasinya berupaya mewujudkan kualitas derajat kesehatan masyarakat, masyarakat sehat juga investasi masa depan bangsa.

Serba Terbatas.
Serba Terbatas.

Pertanyaannya, “mampukah menuai investasi kejayaan bangsa di masa depan, jika dikelola dari sumber sarana kesehatan yang kini semakin tak lagi layak, lantaran terus-menerus digerus deru dan debu mobilitas perkotaan…?

Walauhualam bi Sawab.

Fotografer : Jdh.

Penulis : Perintis Pendirian “Lembaga Kantor Berita Nasional” (LKBN) ANTARA di Manokwari, Papua Barat.