Puskesmas Gadok Pasirwangi Berhasil Menangani 115 Persalinan

0
154 views
Dedi Suwandana Dengan Sarana Perawatan Gigi yang Sangat Memadai, dan Modern.

“Penanganan Proses Persalinan Meningkat Sangat Signifikan”

Garut News ( Rabu, 28/02 – 2018 ).

Dedi Suwandana Dengan Sarana Perawatan Gigi yang Sangat Memadai, dan Modern.

“Pusat Kesehatan Masyarakat” (Puskesmas) Gadok di wilayah Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, Jawa Barat, selama 2017 lalu berhasil menangani sedikitnya 115 proses persalinan dengan kondisi selamat, dan sehat.

Sedikitnya 115 proses persalinan pada fasilitas kesehatan tersebut, mengalami peningkatan yang sangat signifikan atau mencapai 400 persen lebih, dibandingkan tahun sebelumnya (2016 silam) hanya menangani 25 proses persalinan.

Bersama Salah Seorang Tenaga Bidan.

Kepala “Unit Pelaksana Teknis” (UPT) Puskesmas itu, Dedi Suwandana, S.IP, SKM kepada Garut News di ruang kerjanya, Rabu (28/02-2018), katakan diagendakan pada 2018 ini bisa segera dibangun sarana “Dengan Tempat Perawatan” (DTP).

Termasuk terutama ruang bersalin berkapasitas dua tempat tidur, serta ruang perawatan dengan enam tempat tidur, dengan sumber dana bernilai sekitar Rp800 juta.

Sedangkan kegiatan operasionalnya sejak 2017 silam berlangsung 24 jam setiap harinya, dikelola 43 staf dengan 14 di antaranya berstatus pegawai negeri sipil termasuk dua pegawai masih berstatus CPNS.

Sejak Awal 2017 Beroperasional 24 Jam Setiap Harinya.

Sejak sebulan lalu tak memiliki tenaga dokter, demikian pula tak dimilikinya dokter gigi. Meski terdapat satu perawat gigi yang masih belum menjadi PNS, sedangkan tenaga bidan di Puskesmas ini sangat memadai atau mencapai 16 bidan.

Wilayah operasional kerjanya mencakup enam desa, dengan radius jangkauan terjauh mencapai enam kilometer lebih, bahkan terdapat RW. 04 di Kampung Singkup Desa Padamulya yang hanya bisa dijangkau melalui lintasan jalan dari arah Kamojang.

Total masyarakat yang dilayani pelayanan puskesmas Gadok Pasirwangi mencapai 31.946 penduduk, ungkap Dedi Suwandana.

Seluruh jajaran keluarga besar pengelola Puskesmas ini, selama ini pula berhasil memotivasi masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat, termasuk berhasil mengajak masyarakat memanfaatkan fasilitas kesehatan jika hendak bersalin pada Puskesmas yang berada di atas tanah seluas 1.071 m2.

Bersama menyukseskan “Penguatan Ekonomi Kerakyatan Serta Optimalisasi Pelayanan Publik Ditunjang Pemantapan Infrastruktur Guna Mencapai Garut yang Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera”

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here